JEMURAN IKAN ASIN OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK DAERAH PESISIR PANTAI PANTURA

Rais Rais, Nurohim Nurohim

Abstract


Saat ini penanganan ikan tidak hanya ditunjukan untuk mempertahankan kesegaran ikan akan tetapi dalam pengolahan ikan kering juga menjadikan penanganan utama dalam proses pengeringan. Ikan asin merupakan salah satu produk olahan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.. Mayarakat dipesisir pantai laut utara (pantai pantura) mayoritas sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan sebagian ada yang dijual sebagai ikan segar dan ada yang diolah menjadi ikan asin. Ikan asin yang diolah diawetkan secara tradisional. Proses pengawetan secara tradisional bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tubuh ikan, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk dapat berkembang biak. Hasil pengawetan yang bermutu tinggi dapat diperoleh dengan perlakuan yang baik selama proses pengawetan seperti menjaga kebersihan bahan dan alat yang digunakan. Proses pengawetan ikan asin di daerah pesisir pantura dilakukan dengan cara pengeringan yaitu menjemur ikan depan rumah kadang dijalan. Proses pengeringan dengan cara menjemur ditempat terbuka sangat kurag efektif dan efisien jika terjadi hujan secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan ikan basah atau rusak karena terkena air hujan yang dapat mengakibatkan ikan asin mudah terkena bakteri dan tidak higienis. Sehingga solusi untuk menyelesaikan permasalahn tersebut dibuatlah jemuran ikan asin otomatis dengan memanfaatkan hairdrayer sebagai pemanas atau pengganti matahari dengan dan sesor DHT11 serta sensor ultrasonic untuk monitoring suhu yang mudah di monitoring melalui website. Sistem pengeringan otomatis dengan berbasis internet of Things dengan memanfaatkan pemanas hairdrayer dengan ruangan yang tertutup mampu menghasilkan produk ikan asin yang higeinis. Sistem pengeringan dengan model ini memberikan kemudahan dalam kondisi cuaca apapaun karena tidak memerlukan sinar matahari. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan Requirements Analysis, Design, Implementation, Testing, Maintenance.
Kata kunci: Jemuran, Ikan asin, monitoring, IoT


Full Text:

References


Yusak Mukkun, dkk. 2016. "PEMBUATAN ALAT PENGERING IKAN RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI PANEL SURYA DAN SINAR MATAHARI LANGSUNG." Jurnal Ilmiah FLASH 19-25

Younce M Bintang, dkk. 2013. "KONTRUKSI DAN KAPASITAS ALAT PENGERING IKAN TENAGA SURYA SISTEM BONGKAR PASANG." Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan 4043.

Benardie Bimo, dkk. 2018. "JEMURAN PAKAIAN PORTABEL BERBASIS IoT." eProceeding ofApplied Science. Bandung. 669-674.

Pitowarno, Endra. 2012. ROBOTIKA, desain,kontrol, dan kecerdasan buatan, Yogyakarta : Andi.

Rismawan, Eko. 2012." Jurnal Informatika dan Teknik Elektro




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v9i1.1814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

Flag Counter

 

View My Stats 

 

 

 

Creative Commons License

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.