PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM APLIKASI CHATBOT SEBAGAI HELPDESK OBJEK WISATA DENGAN PERMODELAN SIMPLE REFLEX-AGENT (STUDI KASUS : DESA KARANGBENDA)

Dhawuh Rahayu, Mukrodin Mukrodin, Rito Cipta Sigitta Hariyono

Abstract


Perkembangan teknologi informasi berbasis komputer yang sangat cepat telah membuat banyak perubahan dalam sendi kehidupan manusia. Salah satu perkembangan teknologi terkini adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dengan adanya kecerdasan buatan, komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia robot chatting (chatbot). Chatbot adalah program komputer yang dapat melakukan percakapan melalui tulisan. Dalam era globalisasi sekarang ini, aspek kehidupan sehari-hari tak pernah lepas dari penggunaan teknologi informasi, salah satunya dalam aspek pariwisata. Pariwisata yang ada di Desa Karangbenda memiliki potensi yang banyak dikunjungi wisatawan. Namun pengembangan informasi pariwisata yang ada dirasa kurang efektif dan akurat. Dalam penyampaian informasi masih manual, yaitu dari informasi yang di dengar melalui orang lain. Karena itu, peneliti mencoba mengembangkan aplikasi chatbot sebagai helpdesk dengan pendekatan simple-reflex agent. Dengan aplikasi ini nantinya wisatawan mampu melakukan tanya jawab kepada sistem. Aplikasi ini menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari untuk manusia berkomunikasi.
Kata kunci : artificial intelligence, chatbot, helpdesk, simple reflex-agent.


Full Text:

References


Bahartyan, E., Bahtiar, N., & Waspada, d. I. (t.thn.). Integrasi Chatbot Berbasis AIML Pada Website E-Commerce sebagai Virtual Assistant dalam Pencarian dan Pemesanan Produk (Studi Kasus Toko Buku Online edu4indo.com). Jurn al Masyarakat Informatika, 5, 34-43.

Csaky, R. K. (2018). Deep Learning Based Chatbot Models.

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). IlmuKomputer.com. Dipetik 4 13, 2019, dari https://docplayer.info/31481139-Sri-dharwiyanti-romi-satria-wahono.htm

Dhewanto, W., & Anngadwita, G. (2015). Rencana Pengembangan Teknologi Informasi Nasional 20155-2019. PT. Republik Solusi.

Edi, D., & Betshani, S. (2009). Analisis Data dengan Menggunakan ErD dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika, 5, 71-85.

Hormansyah, D. S., & Utama, Y. P. (2018). Aplikasi Chatbot Berbasis Web pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan di Malang dengan Menggunakan Metode TF-IDF. Jurnal Informatika Polinema, 3, 224-228.

Khan, M. E. (2010). Different Forms of Software Testing Techniques for Finding Errors. IJCSI International Journal of Computer Science, 7(3), 11-16.

Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pustejocsky, J., & Stubbs, A. (2013). Natural Language Machine Learning. United states of America: O'Reilly Media Inc.Roger S. Pressman, P. (2010). Software Engineering. New York: The McGraw Hill Companies Inc.russel, S., & Norvig, P. (2010). Artificial Intelligence A Modern Approach Third Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v9i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

Flag Counter

 

View My Stats 

 

 

 

Creative Commons License

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.