IMPLEMENTASI FUZZY SUGENO UNTUK KINERJA PENGAJARAN DOSEN

Ida Afriliana, Arfan Haqiqi Sulasmoro, Ali Sofyan

Abstract


Trasnformasi ilmu pengetahuan dari dosen dan mahasiswa dalam proses pengajaran menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Bagaimana mahasiswa dapat menyerap ilmu dan materi yang diberikan oleh dosen dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kinerja dosen pengampu mata kuliah, sarana dan prasarana serta kemampuan mahasiswa itu sendiri. Pada penelitian ini akan dilakukan untuk menentukan tingkat kinerja pengajaran dosen pengampu mata kuliah dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Fuzzy , yakni menggunakan Fuzzy Sugeno. Pengolahan data mining Fuzzy Sugeno menggunakan matlab ini diimplementasikan pada dataset hasil penilaian raport dosen pengampu di Prodi DIII Teknik Komputer pada tahun akademik 2017/2018. Dataset berjumlah 202 data dengan pengolahan data Ms.Excel untuk preposisi data kemudian akan dilanjutkan dengan pengolahan data Fuzzy Sugeno dengan 5 eksperimen yang berbeda himpunan semestanya. Dengan 3 eksperimen , yakni eksperimen pertama dengan 32 rules, himpunan keanggotaan trapmf dihasilkan tingkat 0,500 ; eksperimen kedua dengan 32 rules, himpunan keanggotaan trimp dihasilkan tingkat error 0,500 dan eksperimen ketiga dengan 34 rules , himpunan keanggotaan gbellmf dihasilkan tingkat error 0,505. Dengan memperhatikan tingkat error yang dihasilkan maka Fuzzy Sugeno tepat diimplementasikan untuk pengelompokkan kinerja pengajaran dosen pengampu adalah dengan 32 rules dengan trapmf atau trimp.
Kata kunci : Proses pembelajaran, Kinerja dosen, Fuzzy Sugeno.


Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v8i2.1487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

Flag Counter

 

View My Stats 

 

 

 

Creative Commons License

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.