FAKTOR PREDISPOSISI SEBAGAI PENENTU PEMANFAATAN POS PEMBINAAN TERPADU PENYAKIT TIDAK MENULAR

Sri Sugiarsi, Ana Wigunantiningsih, Erna Adita Kusumawati

Abstract


Penyakit Tidak Menular (PTM) sebagai salah satu penyebab utama kematian di dunia. Upaya Penanggulangan PTM di Indonesia dilakukan melalui posbindu (Pos Pelayanan Terpadu) PTM. Pelaksanaan Posbindu PTM di Mojolaban masih menghadapi berbagai masalah, salah satu diantaranya adalah rendahnya pemanfaatan posbindu PTM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor predisposisi sebagai penentu pemanfaatan posbindu PTM. Penelitian ini dilakukan di desa dengan  posbindu yang berada di wilayah kerja Puskesmas Mojolaban tahun 2018. Rancangan  penelitian ini adalah observasional analitik. Sampel adalah seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di desa dengan posbindu PTM sebesar 152 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu multi stage random sampling. Analisis data dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan, sikap, budaya mempengaruhi  pemanfaatan posbindu PTM, serta  umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan tidak mempengaruhi pemanfaatan posbindu PTM.

 

Kata kunci: predisposisi, posbindu, penyakit tidak menular


Full Text:

References


World Health Organization. 2011. Noncommunicable Desases South-East Asian Regian. Sutuation and Response, India

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Tersedia di: http://www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf [Sitasi 19 Setember 2018].

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah .2015. Profil Kesehatan Provinsi .Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ; 2015. 71 p

Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.2017. Profil Dinas Kesehatan kabupaten Sukoharjo. DKK: Sukoharjo

Kementerian Kesehatan RI. Petunjuk Teknis: Penyelenggaraan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PosbinduPTM). Jakarta: Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan dan Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular; 2014. 65 p.

Kementerian Kesehatan RI.Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 5 tahun 2017 tentang Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2017. p. 67.

Rusdiyanti I, 2017.Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Kunjungan PosPembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular Di Desa. Jurnal Kemas.Vol 10 No1,2004

Lestari, P., Soeharyo H., & Kris P. 2011. Beberapa Faktor yang Berperan terhadap Keaktifan Kunjungan Lansia ke Posyandu, Jurnal Media Medika Indonesiana. 45 (2).

Dewi H, Eka W. 2015. Pengetahuan dan Sikap Terhadap Keaktifan Penduduk Ke Posbindu Penyakit Tidak Menular. Jurnal Kemas, Vol 11 No 1, 2015

Notoatmodjo.2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/siklus.v8i1.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Counter:

 

 

====================================================================

Indexed By: