KINERJA SISTEM PENDINGIN OLI PADA MOTOR DIESEL

Amin Nur Akhmadi, Syaefani Arif Romadhon

Abstract


Oil cooler jenis plate and fins pada mesin mesin diesel isuzu panther merupakan alat penukar kalor yang berfungsi untuk mendinginkan oli mesin yang digunakan sebagai bahan pelumas pada mesin diesel. Setelah beberapa beroperasi oil cooler akan mengalami penurunan kinerja yang disebabkan adanya penurunan laju perpindahan kalor. Data Pengujian oil cooler digunakan sebagai dalam analisa kinerja oil cooler.Data pengujian tersebut adalah temperature air masuk oil cooler,temperature air keluar oil cooler, temperature oli masuk oil cooler, temperature oli keluar oil cooler dengan laju massa aliran air dan laju massa aliran oli Beberapa parameter yang berhubungan dengan laju perpindahan kalor adalah koefisien perpindahan kalor, beda temperatur rata-rata logaritmik, faktor fouling, dan luas permukaan perpindahan kalor. Dari pengujian mesin diesel pada putaran mesin 1500 Rpm dan selang waktu t : 15 menit, 30 menit, 45 menit, 60 menit dan 75 menit hasil evaluasi dan analisis yang diperoleh adalah pada laju perpindahan kalor mengalami kenaikan dari 0,001 kW menjadi 0,004. beda temperatur logaritmik mengalami kenaikan dari 3,97 K menjadi 15,20 K. Luas permukaan perpindahan kalor dari 0,00016 m2 turun menjadi 0,00012 m2. Efektifitas oil cooler dari 0,29 turun menjadi 0,23.
Kata Kunci: Oil Cooler, Analisa Kinerja, Laju Perpindahan Kalor


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.