FUNGSI RECEIVER PADA SIMULATOR SISTEM PERINGATAN DINI PENGENDALIAN BANJIR DENGAN ELEKTRONIK DATA PROSES

G. Suprijono

Abstract


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berperan mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Teknologi elektronika merupakan salah satu teknologi yang telah melekat di dalam kehidupan manusia, berbagai alat elektronika praktis dan fleksibel telah banyak diciptakan sehingga membantu memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Berbagai macam peralatan dengan sistem pengoperasian secara manual semakin ditinggalkan beralih pada peralatan yang serba otomatis,salah satunya adalah di bidang pengairan kalau dulu membuka atau metutup pintu air di lakukan oleh tenaga manusia sedangkan jaman sekarang untuk membuka atau menutup dilakukan oleh mesin kontrol sehingga membutuhkan tenaga dan waktu yang sedikit.
Berdasarkan dari kondisi tersebut di atas maka dalam penyusunan penelitian ini, dipilih judul fungsi receiver pada simulator sistem peringatan dini pengendalian banjir dengan menggunakan elektronik data proses dan mengharapkan dari tulisan ini untuk mengetahui fungsi dan cara kerja receiver yang digunakan dalam pembuatan simulasi sistem peringatan dini pengendalian banjir dengan menggunakan elektronik data proses.
Dalam perencanaan pembuatan sistem peringatan dini pengendalian banjir harus memperhatikan kondisi yang ada di lokasi tempat di pasang alat tersebut.di antaranya adalah konfigurasi jaringan sumber listrik yang di gunakan,debit air,lebar sungai atau waduk,jumlah phasa motor dan listrik yang tersedia dan sistem pengamanannya (proteksi).
Bila persyaratan dan ketentuan standarisasi pemasangan kontruksi sistem elektronik data proses dan peralatannya dapat dipenuhi pada proses perencanaan pembuatan sistem peringatan dini penanggulangan banjir maka diharapkan sistemnya dapat beroperasi dengan optimal,baik dan yang paling penting terjaga fungsi keamanannya serta tidak mudah rusak atau macet sehingga pemakai mendapatkan kenyamanan.
Kata Kunci : Receiver, Simulator, EDP

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/polektro.v3i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexed By :

 

 

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi POLEKTRO ( POWER ELEKTRONIK : JURNAL ORANG ELEKTRO )

Program Studi D3 Teknik Elektro
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Dewi Sartika No.71 Kota Tegal

Telp. (0283) 350567

Email :
powerelektronik.ejournal@poltektegal.ac.id

elektropower41@gmail.com

 

Free counters!

View Visitor Statistic

 

POLEKTRO ( Power Elektronik : Journal Orang Elektro ) licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.