RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGETAHUAN HURUF DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ECLIPSE UNTUK ANAK-ANAK USIA DINI

Muhammad Bakhar, Ali Yusni

Abstract


Belajar adalah proses yang tidak pernah berhenti dalam hidup seseorang, dan dengan hal tersebut dimulai dari masa kanak-kanak. Pada masa-masa ini, kemampuan anak dalam menangkap atau menyerap informasi lebih meningkat dengan pesat. Pada masa itulah mereka akan diajarkan berbagai macam hal, yaitu salah satunya ialah pengenalan huruf yang nantinya akan digunakan untuk membaca dan menulis. Terutama pengenalan huruf dalam bahasa Inggris sangatlah penting diajarkan sejak masa kanak-kanak, karena bahasa Inggris saat ini adalah standar bahasa internasional, dan untuk bekal di jenjang pendidikan selanjutnya. TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Tegal yang diantaranya mengajarkan tentang pengenalan huruf alfabet menggunakan bahasa inggris. Media pembelajaran yang diterapkan pada TK tersebut masih mengacu pada buku panduan guru dan poster alfabet di dinding. Berdasarkan permasalahan tersebut, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Tegal dirasa perlu untuk mengubah sistem pembelajaran yang saat ini sedang berjalan dengan sistem pengenalan huruf yang  berbasis android. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Tujuan dari laporan TA ini adalah Sebagai media lain untuk membantu para guru dalam mengajarkan materi pengenalan huruf kepada anak-anak. Mengulang kembali pembelajaran di rumah dengan didampingi oleh orang tua. Sistem operasi menggunakan Android, dan bahasa pemrogaman yang digunakan yaitu JAVA. Melalui sistem pengenalan huruf dalam bahasa inggris berbasis android diharapkan dapat meningkatkan pendidikan dalam pengenalan bahasa inggris di taman kanak-kanak.

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/polektro.v6i1.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexed By :

 

 

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi POWER ELEKTRONIK : JURNAL ORANG ELEKTRO

Program Studi D3 Teknik Elektro
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. (0283) 350567

Email :
powerelektronik.ejournal@poltektegal.ac.id

elektropower41@gmail.com

 

Free counters!

View Visitor Statistic

 

Power Elektronik : Journal Orang Elektro licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.