RANCANG BANGUN SMS GATEWAY ABSENSI SEBAGAI UPAYA PREVENTIF MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA N 2 SLAWI MENGGUNAKAN GAMMU

Ulil Albab, Muhammad Bakhar

Abstract


Satu diantara tujuan dari instansi pendidikan adalah meningkatkan kedisiplinan peserta didik untuk menyiapkan mereka dalam dunia kerja. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi. Untuk peningkatan terkait dengan kedisiplinan siswa adalah kehadiran siswa di sekolah. Absensi merupakan salah satu bagian dalam proses penilaian belajar mengajar pada suatu instansi sekolah. SMA Negeri 2 Slawi turut berperan serta dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi dan kedisiplinan tinggi. Salah satu kendala di SMA Negeri 2 Slawi terkait dengan kedisiplinan siswa adalah sistem absensi yang diterapkan masih menggunakan cara manual. Berdasarkan permasalahan tersebut, SMA Negeri 2 Slawi dirasa perlu untuk mengubah sistem absensi yang saat ini sedang berjalan dengan sistem absensi siswa yang  berbasis SMS gateway. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Tujuan dari laporan TA ini adalah membuat sistem absensi berbasis SMS gateway untuk mengontrol kehadiran siswa di sekolah dan sebagai bahan masukan bagi pihak sekolah untuk mengganti sistem lama dengan sistem baru yang lebih efektif, efisien dan terintegrasi. Sistem operasi menggunakan windows 7, bahasa pemrogaman yang digunakan antara lain PHP, HTML, dan JAVA serta menggunakan databases MySql. Melalui sistem SMS gateway absensi diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa terkait dengan kehadiran siswa di sekolah.

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/polektro.v5i2.1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexed By :

 

 

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi POWER ELEKTRONIK : JURNAL ORANG ELEKTRO

Program Studi D3 Teknik Elektro
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. (0283) 350567

Email :
powerelektronik.ejournal@poltektegal.ac.id

elektropower41@gmail.com

 

Free counters!

View Visitor Statistic

 

Power Elektronik : Journal Orang Elektro licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.