NOMOR ANTRIAN BERBASIS ATMEGA16A

Ahmad Zaenudin, Rony Darpono, Ulil Albab

Abstract


Dalam Aktivitas Manusia Yang Modern Saat Ini, Khususnya Dalam Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Rutinitas Pekerjaan, Membutuhkan Sarana Dan Prasarana Yang Efisien Dan Efektif Dalam Melakukan Pelayanan. Salah Satunya Fenomena Kegiatan Antrian Yang Berdesakan Dan Membosankan, Yang Masih Sering Dijumpai Di Berbagai Tempat Pelayanan, Seperti Di Bank, Rumah Sakit, Atau Klinik, Loket Pembelian Karcis Dan Sebagainya.

Dari Permasalahan Diatas, Dapat Memunculkan Sebuah Ide Untuk Pembuatan Sebuah Alat Dalam Tugas Akhir Ini. Alat Ini Menggunakan Teknologi Mikrokontroler Yang Difungsikan Sebagai Alat Pengatur Otomatis Peralatan Yang Bekerja Sesuai Spesifikasi Masukan. Mikrokontroler Yang Digunakan Adalah Atmega16a. Alat Antrian Ini Terdiri Atas 3 Bagian Yaitu, Masukan, Proses Dan Keluaran. Rangkaian Masukan Berupa Saklar Atau Tombol, Rangkaian Proses Terdiri Dari Mikrokontroler, Sedangkan Rangkaian Keluaran Adalah Penampil Tujuh Segmen Dan Bel. Alat Antrian Ini Akan Melayani Nasabah Secara Otomatis Sesuai Nomor Antrian Yang Telah Disiapkan Sebelumnya, Sehingga Nasabah Tidak Perlu Mengantri Berdesakan. Ketika Terjadi Nasabah Yang Absen, Maka Akan Diulang Satu Kali Untuk Pengulangan, Jika Absen Maka Akan Dilanjutkan Ke Nomor Selanjutnya. Demikian Pula Jika Nasabah Sudah Terlayani Maka Akan Dilakukan Proses Riset Atau Pengulangan Nomor Antri Mulai Dari Awal. Dari Hasil Pengujian Rangkaian Pada Sistem Minimum Diperoleh Nomor Antrian Menggunakan Mikrokontroler Atmega16a Dapat Berfungsi Dengan Baik.

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/polektro.v7i1.1178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Indexed By :

 

 

 

 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi POWER ELEKTRONIK : JURNAL ORANG ELEKTRO

Program Studi D3 Teknik Elektro
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Dewi Sartika No.71 Kota Tegal

Telp. (0283) 350567

Email :
powerelektronik.ejournal@poltektegal.ac.id

elektropower41@gmail.com

 

Free counters!

View Visitor Statistic

 

Power Elektronik : Journal Orang Elektro licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.