PROSES TRANSMISI MANUAL PADA MOBIL KIJANG KF 40

Gayuh Ardianto, Agus Makhrojan, Jaenudin

Abstract


Transmisi adalah salah satu dari system pemindah tenaga dari mesin kediferensial kemudian keporos axle yang mengakibatkan roda dapat berputar dan menggerakkan mobil, yang berfungsi mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya dengan menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi dan untuk mereduksi putaran sehingga diperoleh kesesuaian tenaga mesin dengan beban kendaraan. Transmisi diperlukan karena mesin pembakaran yang umumnya digunakan dalam mobil merupakan mesin pembakaran internal yang menghasilkan putaran rotasi. Pada sistem transmisi manual, yang mana didalamnya terdapat permasalahan yaitu cara kerja serta bagian-bagian transmisi manual pada mobil Toyota Kijang KF 40 dan proses transmisi manual pada mobil Toyota Kijang KF 40. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses, mengetahui proses kerja transmisi dan cara kerja sistem transmisi manual pada mobil Toyota Kijang KF 40.

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/nozzle.v1i2.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nozzle : Journal Mechanical Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Free counters! View My Stats