PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SMART GROUP DISCUSSION – EXPERT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI

lely kumalawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode problem based learning dengan pendekatan smart group discussion-expert yang dirancang oleh peneliti dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa Jurusan Akuntansi. Alat ukur yang digunakan adalah evaluasi hasil belajar mahasiswa untuk semua mata kuliah yang diajarkan oleh peneliti dan evaluasi kinerja mengajar dosen. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah menemukan pendekatan baru dari metode problem based learning untuk dipatenkan di Politeknik Negeri Madiun. Pendekatan baru tersebut akan dijadikan dasar dan diusulkan untuk menetapkan rencana mutu pengembangan, evaluasi alternatif, evaluasi proses belajar mengajar, merekontruksi perangkat pembelajaran, dan mengembangkan bahan ajar. Penelitian ini dibagi dalam dua tahap, yaitu penelitian tahap pertama menggunakan siklus untuk penelitian tindakan kelas, dan penelitian tahap kedua hasil penelitian tindakan kelas akan diuji secara empiris dengan menetapkan variabel, hipotesis penelitian, dan diuji dengan teknik analisis regresi linear berganda.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Smart Group Discussion-Expert


Full Text:

References


Barrows, H.S., dan Kelson, A.M. 1993. Problem Based Learning: A Total Approach to Education. Monograph Southern Illinois University School of Medicine. Springfield, Illinois.

Berg, Bruce L. 2004. Qualitative Research Methods for Social Sciences 5th ed. Boston: Pearson.

Boud, D., dan Feletti, G. 1997. The Challenge of Problem Based Learning (2nd ed). London: Kogan Page.

Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Rasyid, R. Eddy. 1998. Saling Peran (Interplay) antara Akuntansi dan Budaya Perusahaan: Penelitian Empiris dengan Metode Interpretif-Etnografis. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol.1, N.1. Januari: 43-66.

Rusmiyati, Arie. 2007. Pengembangan Model Pengajaran dengan Problem Based Instruction pada Pokok Bahasan Fluida untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains. FMIPA UNNES.

Savery, J.R. 2006. Overview of Problem Based Learning: Definitions and Distinctions. Interdiscliplinary Journal of Problem Based Learning, 1 (1) 3.

Spradley, P. James. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Suci, Ni Made. 2008. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Lembaga Pendidikan Undiksha Vol 2 (1): 74-86, April.

Sumarsono, Gathot. 2006. Penerapan Problem Based Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. FMIPA. UNNES.

Wafroturrohmah dan Suyatmini. 2008. Penggunaan Metode PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi pada Mata Kuliah Akuntansi Perpajakan. Varia Pendidikan, Vol. 20, No. 2, Desember.

Wahyuningsih. 2005. Meningkatkan Logika Berpikir Pokok Bahasan Suhu Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). FMIPA UNNES.




DOI: https://doi.org/10.30591/monex.v7i2.923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 

Office:

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama 
Kampus Utama Politeknik Harapan Bersama - Gedung B Lantai 3
Jalan Mataram No.9 Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52100.

Website: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/

Email: monex@poltektegal.ac.id


 

View My Stats