Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Studi Kasus pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Dewan Pengawas Syariah, dan Return On Asset terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 45 sampel dari 9 Bank Umum Syariah pada kurun waktu 5 tahun periode 2017-2021. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan data panel yang diolah dengan program Eviews 10. “Penelitian ini menemukan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) secara simultan. Penelitian ini juga menemukan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan positif dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) berpengaruh signifikan negatif terhadap Pengungkapan ISR, sedangkan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan ISR.“
Keywords
References
Abdullah, M. A. (2019). Corporate Governance: Perbankan Syariah di Indonesia (2nd ed.). Ar-Ruzz Media.
Ali, M. F. (2022). Bank Syariah Bukopin Terima Indonesia CSR Award - Tribun-timur.com. https://makassar.tribunnews.com/2017/02/24/bank-syariah-bukopin-terima-indonesia-csr-award.
Amyulianthy, R., Azizah, W., & Satria, I. (2020). Islamic Social Reporting in Shariah Banks in Indonesia. Review of Integrative …, 9(1), 171–183.
Arianugrahini, I., & Firmansyah, E. A. (2020). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perbankan Syariah di Indonesia (Determinants of Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure at Islamic Commercial Banks in Indonesia). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(2), 88–101. https://doi.org/10.21070/perisai.v4i2.841
Aryanto. (2020). Efek Moderasi Profitabilitas Pada Pengaruh Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Monex, 9(1), 158–168.
Asmara, W., & Safira. (2016). Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah 2012-2015). Profita, 9(3), 422–438.
Astuti, S. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pengukuran Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Perbankan Syariah Berdasarkan Indeks Islamic Social Reporting (ISR). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Akmenika, 16(1), 162–174. https://doi.org/10.31316/akmenika.v16i1.165
Cahya, B. T., & Rohmah, F. (2019). Evolution of Islamic Social Reporting: Viewed From Islamic Position in the Continuum Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2). https://doi.org/10.20473/jebis.v5i2.15143
Eksandy, A., & Hakim, M. Z. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporing (Pada Perbankan Syariah di Indonesia Tahun 2011-2015). Seminar Nasional Dan The 4th Call for Syariah Paper, 47–59.
Fauziah, K., & Yudho, P. (2013). Analisis Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perbankan Syariah di Indonesia berdasarkan Islamic Social Reporting Indeks. Jurnal Dinamika Akuntansi. ISSN 2085-4277, 5(1), 12–20.
Gestari, I. (2014). Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. 634. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Ghozali, I., & Ratmono, D. (2017). Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Universitas Diponegoro.
Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure: An Islamic Perspective. In Indonesian Management & Accounting Research (Vol. 1, Issue 2, pp. 128–146).
Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Rajawali Pers.
Hasanah, N. T., Widiyanti, N. W., & Sudarno. (2018). Analisis Pengaruh GCG dan Kinerja Keuangan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 115–120. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8645
Herawati, Rawi, & Destina, R. (2019). Pengaruh ROA dan Ukuran Dewan Pengawas Syariah Terhadap Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah. Jurnal Akuntansi, 14(1), 1–12. http://junal.unsillac.id./index.php/jak
Jannah, A. M., & Asrori. (2016). Pengaruh GCG, Size, Jenis Produk dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9758
Kemenag, R. (2013). Al-Quds Al-Qur’an Tafsir Bil Hadis. Cordoba.
Lestari, S. (2016). Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perbankan Syariah Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 1–24. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-akuntansi/article/view/14722
Mais, R. G., & Engkur. (2019). Influence of Industrial Type, Return On Asset, Company Size, and Institutional Ownership of Islamic Social Reporting Disclosure. Advances in Economics, Business and Management Research, 73, 173–177. https://doi.org/10.2991/aicar-18.2019.37
Milenia, H. F., & Syafei, A. W. (2021). Analisis Pengaruh Islamic Governance terhadap Pengungkapan ISR pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 110–119. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i2.706
Muhamad. (2015). Manajemen Dana Bank Syariah. Rajawali Pers.
Mukhibad, H. (2018). Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Pengungkapan Islamic Sosial Reporting. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(2), 299–311. https://doi.org/10.18202/jamal.2018.04.9018
Murdiansyah, I. (2021). Leverage, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Dewan Pengawas Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 43–56. https://doi.org/10.21043/malia.v5i1.10543
Nadlifiyah, N. F., & Laila, N. (2017). Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan Terhadap Pengungkapan ISR Bank Umum Syariah Tahun 2010-2014. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(1), 44–61.
Oktafiana, O., Paramitha, M. D., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh Dewan Komisaris, Komisaris Independen, dan DPS Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Berdasarkan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Syariah Yang Ada Di Indonesia Tahun 2016 – 2018. Media Ekonomi, 20(2), 49–60.
Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah-Approved Companies in Bursa. Research Journal of Internatıonal Studıes, 12, 4–20.
Prasetyoningrum, A. K. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. 2(2), 147–162.
Qulub, M. A., Amin, M., & Junaidi. (2019). Analisis Pengungkapan Corporrate Social Responsibility Perbankan Syariah Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Index (Indeks Isr). E-JRA Vol. 08 No. 03 Agustus 2019, 07(01), 32–45.
Rachmania, D., & Alviana, N. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Mekanisme Good Corporate Governance Terhada Islamic Social Reporting (ISR) (Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2014-2018). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 49. https://doi.org/10.31000/c.v4i1.2317
Raditya, A. N. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang masuk Daftar Efek Syariah (DES).
Rimayanti, & Jubaedah, S. (2017). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan Indeks Saham Syariah Indonesia. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(2), 148–160. https://doi.org/10.33603/jka.v1i2.718
Rozzi, M. F., & Bahjatullah, Q. M. (2020). Analisis Determinan Pelaporan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2015-2019. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(2), 92–104.
Setiawan, I., Asnawi, H. F., & Sofyani, H. (2016). Apakah Ukuran, Profitabilitas, dan Praktik Manajemen Laba Memengaruhi Tingkat Pelaksanaan dan Pelaporan Islamic Social Reporting Pada Perbankan Syariah Di Indonesia? Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(2), 65–76. https://doi.org/10.24815/jdab.v3i2.5387
Suryadi, N., & Lestari, S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Penghargaan, Dan Islamic Governance Score Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2016). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(2).
Sutapa, & Hanafi, R. (2019). Dampak Islamic Corporate Governance, Islamic Social Reporting Pada Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(2), 155–165. https://doi.org/10.30659/jai.8.2.155-165
Triyuwono, I. (2012). Akuntansi Syariah Perspektif, Metodologi, dan Teori. PT Raja Grafindo Persada.
Widiawati, S. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan yang Terdapat pada Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011.
Yentisna, & Alvian, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Menara Ilmu, 13(10), 80–88.
DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v12i1.4318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Office:
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama
Kampus Utama Politeknik Harapan Bersama - Gedung B Lantai 3
Jalan Mataram No.9 Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52100.
Website: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/
Email: monex@poltektegal.ac.id