ANALISIS POTENSI DESTINATION BRAND EXPERIENCE KOTA TEGAL PADA INTENSI REKOMENDASI DAN INTENSI KUNJUNGAN KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Ghea Dwi Rahmadiane, Nurul Mahmudah, Yusri Anis Faidah

Abstract


Sedikitnya penelitian mengenai pengukuran merek destinasi mengindikasikan bagaimana sulitnya mengevaluasi sebuah merek destinasi. Peneliti membahas destination branding dengan sebuah konsep baru, destination brand experience (DBE), yang menyajikan pandangan lebih menyeluruh dan lebih baru tentang merek destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh destination brand experience terhadap intensi kunjungan kembali dan intensi rekomendasi. Penelitian ini dilakukan pada empat obyek wisata di Kota Tegal dengan total sampel 165 responden. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan program WarpPLS 5.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination brand experience berpengaruh positif kepada intensi kunjungan kembali dan intensi rekomendasi melalui kepuasan.

Kata kunci: destination brand experience, intensi kunjungan kembali, intensi rekomendasi, kepuasan


Keywords


Manajemen

Full Text:

References


Aaker, D. A., &Joachimsthaler, E. (2000). Brand leadership. New York: Free Press.

Aron, D. (2006), The effect of counter-experiential marketing communication on satisfaction and repurchase intention, Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior,Vol. 19, pp. 1-17.

Blain, C., Levy, S. E., & Ritchie, R. B. (2005). Destination branding: insights and practices from destination management organizations. Journal of Travel Research, 43, 328–338.

Brakus, J. J., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009). Brand experience: What is it? How is it measured? Does it affect loyalty? Journal of Marketing, 73, 52–68.

Petrick, J. F., Backman, S. J., & Bixler, R. (2002). An investigation of selected factors effect on golfer satisfaction & perceived value. Journal of Park & Recreation Administration, 17(1), 40–59

Pike, S. (2005). Tourism destination branding complexity.Journal of Product & Brand Management, 14(4), 258–259.

Reichheld, F.F. (2003), The one number you need to grow, Harvard Business Review, Vol. 81 No. 12, pp. 46-54y.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v8i2.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats