Perancangan Arsitektur Enterprise Pada STMIK Bani Saleh Menggunakan Framework Togaf Studi Kasus Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Kresno Murti Prabowo, Marliza Ganefi Gumay, Adhitya Ilham Ramadhani

Abstract


Pengembangan sistem informasi akademik (SIAKAD) STMIK Bani Saleh mengalami hambatan karena dikerjakan berdasarkan kebutuhan pribadi atau sesaat pada unit kerja masing-masing. Sehingga pengembangan yang dilakukan belum tentu tepat atau memiliki nilai manfaat optimal di masa yang akan datang. Dalam perjalanannya banyak mengalami perubahan formulir, laporan hingga prosedur sistem. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan sistem informasi tersebut tidak berdasarkan blue print yang ada, sehingga manajemen sulit mengambil keputusan. Blue print yang ada tahun 2013-2018 sehingga sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini, perlu dilakukan pengembangan arsitektur enterprise (rancangan program dan teknologi informasi) STMIK Bani Saleh. Untuk pengembangan arsitektur enterprise, metodologi yang digunakan TOGAF architecture development method (ADM). ADM memiliki 9 tahapan dasar, dalam penelitian ini akan digunakan 5 tahapan dari 9 tahapan yaitu tahapan preliminary, architecture vision, business architecture, information system architecture dan technology architecture. Penelitian ini menghasilkan 46 entitas data, 7 fungsi bisnis serta 40 kandidat aplikasi yang akan dikembangkan untuk mendukung model dan kerangka dasar blue print di STMIK Bani Saleh.

Keywords


Perancangan, Arsitektur Enterprise, TOGAF ADM

Full Text:

References


Stefan, Bente., Dr. Uwe, Bombosch., Shailendra, Langade. (2012). Collaborative Enterprise Architecture : Enriching EA with Lean, Agile, and Enterprise

Bagus Rezkita. (2019). TOGAF atau The Open Group Architecture Framework ,jurnal Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University, Vol.6, No.1.

A.S, Rossa dan M. Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientaasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika.

Sukamto, & Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Rossa A. S. Dan M. Shalahuddin. (2012). Diagram use case. Yogyakarta: Deepublish.

Tata Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta

Yakub. (2012). Pengantar Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta:ANDI

Prasetyo, (2012) Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Studi Kasus RSUD Majalengka.

Philippe, Desfray., and Gilbert, Raymond. (2014). Modeling Enterprise Architecture with TOGAF : A Practical Guide Using UML and BPMN. USA : Morgan Kaufmann.

Rianto, Lidya, Nurchayo. (2016). Pemodelan Architecture Enterprise Menggunakan Togaf ADM Studi Kasus Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir. Vol 1, No. 2.

Desi, Nurnaningsih. (2017). Enterprise Architecture Planning Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Zachman Framework , Vol. 6, No. 2.

Sri Rahayu. (2015). Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Akademik Menggunakan Framework TOGAF (Studi Kasus di Yayasan Al-Musadaddaiyah Garut).

Setiawan, Ridwan. (2016). Perancangan Arsitektur Enterprise Untuk Perguruan Tinggi Swasta Menggunakan Togaf Adm , Vol. 12, No. 2

Manolita, Rahayu Hanafi, Ridha. (2016). Perancangan Business Architecture Xyz Menggunakan Framework Togaf Adm Studi Kasus Sistem Informasi.

Graham Hooley, Nigel F. Piercy Brigitte Nicoulaud, John M. Rudd, (2017). Marketing Strategy & Competitive Positioing.




DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v5i3.2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPIT INDEXED BY