Optimalisasi Pembelajaran Digital Era Pandemi COVID-19 di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana

Dede Rival Novian, Aji Winarso, Yudabbirul Arif

Abstract


Kegiatan pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah utama di Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Nusa Cendana pada era pandemik COVID-19. Metode yang digunakan dalam menentukan masalah yang menjadi prioritas utama adalah metode APKL yaitu Aktual, Problematika, Khalayak dan Layak. Berdasarkan hasil analisis dengan metode APKL, masalah yang menjadi prioritas utama di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana adalah pembelajaran digital pada era pandemi COVID-19 belum optimal. Jika masalah tersebut dibiarkan maka kualitas institusi akan menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian untuk mengatasi masalah tersebut. Ada tiga kegiatan pengabdian yang dilakukan. Yang pertama adalah penetapan masalah yang menjadi prioritas utama, kedua adalah pengoptimalan e-learning Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana dan ketiga adalah pengoptimalan media pembelajaran google classroom. Hasil dari kegiatan pengabdian berdampak pada pengembangan mutu pembelajaran secara digital di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana. Berdasarkan hasil kegiatan inovasi, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran digital dapat meningkatkan kemampuan softskill bagi mahasiswa dan dosen dalam menggunakan teknologi dan internet. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.


Keywords


FKH Undana, metode APKL, Pandemi COVID-19, Pembelajaran digital

Full Text:

References


Chea, C., C., dan Huan, J., T., J. 2019. Higher Education 4.0: The Possibilities and

Challenges, Journal of Social Sciences and Humanities, Vol 5(2), hal 81-85.

Sivathanu, B., Pillai, R. 2018. Smart HR 4.0 – how industry 4.0 is disrupting HR, Human Resource Management International Digest, Vol 26(4), hal 7-11.

Shahroom, A. A., dan Hussin, N. 2018. Industrial Revolution 4.0 and Education. InternationalJournal of Academic Research in Business and Social Sciences, vol 8(9), hal 314–319.

Konan, N. 2010. Computer literacy levels of teachers. Procedia Social and Behavioral Sciences, Vol 2, hal 2567–2571.

Schleicher, A. 2015. Schools for 21st-Century Learners: Strong Leaders, Confident Teachers, Innovative Approaches, International Summit on the Teaching Profession, OECD Publishing, Paris.

Allaf, C. 2014, "Reflections on Comparative and International Education, Teacher Education, and the Middle East". Annual Review of Comparative and International Education 2014 (International Perspectives on Education and Society), Vol 25, hal 93-98.

Menristekdikti. 2018. Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0, https://www.ristekdikti.go.id/siaran-pers/pengembangan-iptek-dan-pendidikan-tinggi-di-era-revolusi-industri-4-0/#epXYjB0rX41CTx5F.99, diakses tgl 4 April 2019.

Novian, D., R. (2019). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Media E-Learning Bagi Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, Vol 3(2), hal 7-12.

Baygin M., Yetis H., Karakose M., Akin E. 2016. An Effect Analysis of Industry 4.0 to Higher Education. 15th International Conference on Information Technology Based Higher Education and Training (ITHET), hal 1-4.

Holzberger, D., Philipp, A., dan Kunter, M. 2013. How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of Educational Psychology, vol 105(3), hal 774-786.

Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. (2017). Manajemen ASN. Modul Pelatihan Dasar Calon PNS, Perum Percetakan Negara RI, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30591/japhb.v4i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Tim Redaksi Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Email :
abdimas@poltektegal.ac.id

   

Copyright: Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming p-ISSN:2598-9030 e-ISSN:2614-056X 

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

data macau