IbM PELATIHAN BUSINESS PLAN PADA UMKM KOTA TEGAL

Ida Farida, Aryanto Aryanto, Sunandar Sunandar, Hetika Hetika, Krisdiyawati Krisdiyawati

Abstract


Perencanaan bisnis merupakan alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan. Tujuan perencanaan bisnis adalah agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan maupun yang sedang berjalan tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan bisnis juga merupakan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, karena dalam perencanaan bisnis kita dapat mengetahui posisi perusahaan kita saat ini, arah tujuan perusahaan dan cara mencapai sasaran yang diinginkan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Tegal selama ini belum dapat menerapkan perencanaan bisnis dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Jika dilihat dari segi potensi, UMKM di Kabupaten Tegal sangat memiliki banyak peluang untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, kami tim dosen Prodi Akuntansi akan memberikan pelatihan kepada UMKM terkait dengan perencanaan bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan usahanya. Permasalahan utama yang berkaitan dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah UMKM yang berkembang di Kabupaten Tegal saat ini masih belum menerapkan ilmu perencanaan bisnis dimana perencanaan bisnis sangat diperlukan sebagai alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan agar kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan maupun yang sedang berjalan tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan selain itu juga dapat digunakan sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga, seperti pihak perbankan, investor, lembaga keuangan dan sebagainya.

 

 

Kata kunci : Bussines Plan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Full Text:

References


Danuar, Dani (2013). Pengembangan Usaha Miro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis ekonomi kreatif di kota Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Megginson,L.C. Byrd,MJ & Megginson, W.L (2003) Small Business Management: An entrepeneur’s quidebook, (4thed).New York: Mc.Grow-Hill

Naluriyanti, Fitri (2012). Business Plan: rencana pendirian pusat kebugaran dan kecantikan khusus wanita ‘La Femme” tinjauan khusus pemasaran. Jakarta: Megister Manajemen, Fakultaas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Kusumawati, Ida (2012). Business Plann: rencana pendirian pusat kebugaran dan kecantikan khusus wanita “La Femme” Tinjauan Khusus dan Analisis Keuangan. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/japhb.v2i2.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats