ANIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK KELAS X SMA BERBASIS MULTIMEDIA

Purwanto ., Yogi Meinarsih

Abstract


Metode pembelajaran Biologi di SMA ternyata masih belum bisa diterapkan secara optimal. Berbagai faktor terkait yang sering dihubungkan dengan rendahnya prestasi belajar Biologi tersebut antara lain mata pelajaran Biologi kurang disenangi, kurangnya minat para siswa dengan pembelajaran yang monoton dan belum memanfaatkan multimedia di dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi multimedia dan animasi akan banyak membantu dalam menyelesaikan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah membuat program aplikasi Animasi Pembelajaran Biologi Semester 1 Untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Sokaraja Berbasis Multimedia.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, partisipasi, kuesioner, dan pengambilan sampel. Metode pengembangan sistem pada program aplikasi ini menggunakan metode Waterfall Model. Aplikasi ini dibangun menggunakan Adobe Flash CS3. Aplikasi ini diuji coba menggunakan metode Black Box Test.Penelitian ini telah menghasilkan program aplikasi Animasi Pembelajaran Biologi Semester 1 Untuk Kelas X di SMA Negeri 1 Sokaraja Berbasis Multimedia. Program aplikasi dinyatakan dapat memudahkan dan meningkatkan minat belajar siswa dengan prosentase 82,86%, sedangkan prosentase keseluruhan program aplikasi adalah 82,86% untuk jawaban ya, dan 17,14% untuk jawaban tidak. Maka program aplikasi dapat membantu proses belajar mengajar materi Biologi di SMA.
Kata Kunci: Animasi pembelajaran, Multimedia, Adobe Flash CS3


Full Text:

References


Aryadi, J., "Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Kelas X Dengan Pokok Bahasan Serangga Berbasis Multimedia", STIMIK AMIKOM, Yogyakarta, 2011.

Bunadi, Suriman dan Zeembry, "Membuat Animasi Kartu Ucapan dengan Flash 8", PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2007.

Hofstetter, Fred T., "Multimedia Literacy Third Edition", McGraw-Hill companies, New York, 2001.

Jogiyanto, ”Metodologi Penelitian Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta, 2008.

Kistinnah, Idun dan Endang Sri Lestari, "Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X", CV Putra nugraha, Jakarta, 2009.

Ladjamudin B, Al Bahra, "Rekayasa Perangkat Lunak", Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006.

Madcoms, "Adobe Flash CS3 Untuk Pemula", Andi offset, Yogyakarta, 2008.

Madcoms, "Mahir dalam 7 hari : Adobe Photoshop CS3", Andi offset, Yogyakarta, 2008.

Miarso, Y., “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan”, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2004.

Prihatmoko, Emy Taufan., "Analisa Dan Perancangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Bagi Anak-anak Pra-Sekolah Dasar", Skripsi S-1, STIMIK Tunas Bangsa, Banjarnegara, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v7i2.972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SMART COMP : Jurnal Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

     

  

 

 

 

Web
Analytics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.