IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN KAMPUS 1 POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA

Ida Afriliana, Jatmiko Indriyanto

Abstract


Politeknik Harapan Bersama merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Tegal. Perguruan Tinggi yang berdiri sejak tahun 2002 ini merupakan Perguruan Tinggi dengan perkembangan yang sangat pesat, mulai dari jumlah mahasiswa, lulusannya serta perkembangan dari infrastrukturnya. Perkembangan yang pesat ini perlu dibarengi dengan pemberian informasi yang cepat dan akurat. Banyaknya fasilitas diperlukan penyampaian informasi tentang fasilitas tersebut. Perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang saat ini memberikan pengaruh yang luar biasa. Alat komunikasi smartphone berbasis Android makin banyak digunakan, kemajuan teknologi ini dapat membantu setiap orang dalam mencari informasi tentang keberadaan lokasi serta alamat suatu tempat yang sulit untuk dicari pada saat dibutuhkan. Salah satu teknologi yang sedang popular di kalangan masyarakat adalah teknologi Augmented Reality (AR) yang memadukan antara kondisi nyata dengan benda-benda maya menjadi satu kesatuan. Teknologi ini sudah banyak dimanfaatkan diberbagai bidang kehidupan. Pemanfaatan AR dalam upaya pengenalan kampus 1 Politeknik Harapan Bersama sangatlah efisien bagi mahasiswa dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality pengenalan Gedung Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama adalah model SDLC sampai pada tahap pengujian sistem. Aplikasi ini menggunakan library Kudan SDK sistem Markerless yang mampu menampilkan objek berdasarkan titik koordinat dalam lingkungan nyata dengan bantuan smartphone. Hasil akhir dari penelitian ini berupa aplikasi yang memberikan informasi terkait gedung Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama melalui sebuah smartphone yang diarahkan langsung keobjek gedung yang ingin diketahui informasinya.

 

Kata Kunci: Politeknik Harapan Bersama, GPS, Augmented Reality, Kudan SDK.


Full Text:

References


Azzahra, Mardiyah. 2016. Implementasi Modul Global Position System (GPS) pada system Tracking Bus Rapid Transit (BRT) Lampung Menuju Smart Transportation. Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Asri, Yessy. 2012. “Perancangan Aplikasi Pendukung Pengenalan Kampus Menggunakan “Augmented Reality”. Jurnal Informatika, Sains&Teknologi STMIK Bani Saleh., 41-50.

Ronald T. Azuma. 1997. A Survey of Augmented Reality. Jurnal Ilmiah: Teleoperators and Virtual Environments.

Wirahadi, Asep. 2016. Augmented Reality Pengenalan Gedung Politeknik Harapan Bersama. Program Studi DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama: Tugas Akhir Tidak Diterbitkan.

Umar, Husein. 2005. Desain Penelitian. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SMART COMP : Jurnal Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Index By:

 

 

 

Web
Analytics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.