EVALUASI LAYANAN IT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 STUDI KASUS UNIVERSITAS PERADABAN BREBES

Mukrodin Mukrodin

Abstract


Kebutuhan informasi menjadi salah satu faktor penggunaan TI, karena dengan TI kita dapat menghasilkan informasi yang cepat, akurat, dan bisa diakses kapanpun dibutuhkan. Saat ini informasi menjadi dasar dan pendukung dalam pengambilan keputusan, karena penggunaan TI pada saat ini bukan hanya untuk membantu proses perhitungan tetapi penggunaan TI telah mencapai satu titik yang sangat tinggi, yakni sebagai alat pendukung pengambilan keputusan. Namun masalah yang sering terjadi di instansi adalah penggunaan teknologi informasi yang kadang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu diperlukan tata kelola terhadap penggunaan teknologi informasi yang biasa disebut dengan IT Governance. Universitas Peradaban Brebes adalah salah satu Universitas yang dalam operasionalnya sangat mengandalkan teknologi informasi, baik dalam aktifitas belajar mengajar maupun dalam menjalankan operasional bisnis. Kondisi sekarang di Universitas Peradaban Brebes sendiri tidak terdapat suatu indicator yang dapat menyatakan bahwa kinerja TI yang berjalan telah sesuai dengan visi dan misi Universitas, oleh karena itu perlu dilakukan analisis tata kelola teknologi informasi, guna mengetahui performa TI sekarang sesuai dengan yang diharapkan oleh managemen atau tidak. Hasil dari analisis ini berupa tingkat kematangan tata kelola TI yang mecerminkan kondisi tata kelola TI di Universitas Peradaban Brebes dengan mengacu pada maturity level yang disediakan kerangka kerja COBIT 4.1, yakni dari level 0 (non-existent) sampai 5 (optimized). Berdasarkan analisis yang dilakukan, secara garis besar kondisi kematangan tata kelola TI Universitas Peradaban Brebes berada pada level 2 yakni repeatable but intuitive. Kondisi ini mengacu pada beberapa kelemahan dalam proses-proses TI yang berjalan, diantaranya penetapan dan dokumentasi tindakan, kebijakan dan prosedur yang minim.

 

Kata Kunci: Evaluasi layanan TI, Tingkat Kematangan, COBIT 4.1


Full Text:

References


Prasetyo and N. Mariana, “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) pada Bidang Akademik dengan Cobit Frame Work Studi Kasus pada Universitas Stikubank Semarang,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 16, no. 2, pp. 139–149, 2011.

A. Arumana et al., “Analisis tata kelola teknologi informasi mengunakan kerangka kerja cobit 4.1 pada fakultas teknik undip,” 2007.

D. Mulyana, “Pengukuran Tingkat Maturity Tata Kelola Sistem Informasi Akademik,” pp. 1–14.

D. Mulyana, “Penetapan IT Procces,” 2007

A. D. Laksito, “Pengukuran Tingkat Model Kematangan Proses Menggunakan Aplikasi Berbasis WEB (Studi Kasus di STMIK AMIKOM Yogyakarta) Abstrak,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., no. January, pp. 1–6, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v7i1.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SMART COMP : Jurnal Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

     

  

 

 

 

Web
Analytics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.