STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Alyan Fatwa, Djuniadi Djuniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasan persamaan
danfungsikuadrat, serta mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasan
persamaandanfungsikuadrat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
danpengembangan (research and development).Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan
model ASSURE.Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian Akuntansi di SMK
Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal yang berjumlah 115 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 356 orang siswa. Pada
penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Dalam penelitian ini sampel diambil
dengan cara non random dimana tidak setiap siswa berhak untuk dijadikan sample. Dalam penelitian ini
Teknik non random sampling yang dipakai adalah Quota sampling yaitu cara pengambilan sampel dengan
menetapkan jumlah subyek yang akan diteliti.Strategi pembelajaran ini disusun menggunakan
strategiblended learningyang menyajikan materi persamaandanfungsikuadrat. Dari hasil validasi dan uji
coba diperoleh hasil bahwa media pembelajaran berbentukaplikasimodel ini berada dalam kategori valid
dan praktis.
Kata kunci : blended learning, hasil,belajar

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v5i1.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

Flag Counter

 

View My Stats 

 

 

 

Creative Commons License

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.