Aplikasi Multimedia Wisata Kesehatan Jamu Berbasis Android Pada desa Kalibakung Kabupaten Tegal

Aang Alim Murtopo

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi telah memberikan kemudahan dalam mencari informasi yang tepat dan akurat. Khususnya aplikasi pada smartphone. Tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu manfaat tanaman jamu untuk pengobatan alami. Hanya beberapa yang tahu akan bahaya mengonsumsi obat-obatan medis sehingga memilih untuk memakai atau mengonsumsi jamu untuk menyembuhkan luka atau penyakit yang mereka derita. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang memiliki tahap Concept, Design, Collecting Materials, Assembly, Testing dan Distribution. Adobe Flash CS6 sebagai design program-nya, Adobe Photoshop CS6 sebagai design grafis-nya dan mengingat smartphone dengan salah satu sistem operasi populer yaitu android dan multimedia memungkinkan pemakai smartphone untuk memperoleh output dalam bentuk yang lebih menarik dibandingkan dengan media elektronik lain, aplikasi multimedia dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai tanaman jamu karena penyajian informasinya ditampilkan secara multimedia, sehingga pengguna dapat mengerti gambaran atau informasi yang di inginkan. Aplikasi wisata kesehatan jamu berbasis android pada desa Kalibakung Kabupaten Tegal diharapkan dapat memberikan informasi tentang tanaman jamu dan cara mengolahnya  menjadi jamu-jamuan yang dapat digunakan sebagai pengobatan alami.

Kata Kunci: MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Smartphone, Android, Multimedia, Wisata Kesehatan Jamu.


Full Text:

References


Intan Trivena Maria Daeng, N. . Mewengkang, and E. R. Kalesaran, “91161-ID-penggunaan-smartphone-dalam-menunjang-ak,” e-journal “Acta Diurna,” vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2017.

J. L. Masyarakat and P. Service, “Jamu Tradisional Indonesia Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi Traditional,” vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2020.

E. H. Purwaningsih, “Jamu , Obat Tradisional Asli Indonesia Pasang Surut Pemanfaatannya di Indonesia,” vol. 1, no. 2, 2013.

I. Farmasi, F. Kedokteran, K. F. Kedokteran, U. Airlangga, and J. P. Moestopo, “Tingkat penerimaan penggunaan jamu sebagai alternatif penggunaan obat modern pada masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas Society ’ s acceptance level of herb as alternative to modern medicine for lower , middle , and upper class group,” pp. 133–145.

Rakhman, A., & Sutanto, A. (2018). Analisa Sistem Informasi Geografis Tempat Laundry Berbasis Android. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 7(1)..

R. Subagia, R. Alit, and F. A. Akbar, “Pengujian white box pada sistem informasi monitoring skripsi program studi informatika,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol.




DOI: https://doi.org/10.30591/smartcomp.v10i2.2629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SMART COMP INDEXED BY

  
Flag Counter

View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.