RANCANG BANGUN E-COMMERCE SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PEREKONOMIAN BAGI INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN BREBES

Rais ., Eko Budihartono

Abstract


Kabupaten Brebes terkenal dengan produk unggulanya seperti telur asin, batik tulis dan bawang merah namun pemasaranya masih konvensional  melalui transaksi klasik. Kesulitan melakukan promosi dan pemasaran secara online menjadikan kendala utama bagi para pelaku IKM karena masih banyaknya pelaku IKM yang belum dapat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Permasalahan ini dapat diatasi dengan dibangunya e-commerce sebagai sarana pemasaran. E-commerce  dibuat dengan tujuan menyatukan para Pelaku IKM di Kabupaten Brebes serta menjebatani para pelaku IKM dengan konsumen di luar Kabupaten untuk dapat bertransaksi secara online. Pada penelitian ini e-commerce dibangun dengan metode SDLC (System Development Life Cycle) agar mudah dalam perencanaanya serta menggunakan metode pengujian black box untuk mengetahui fungsional dari website e-commerce tersebut. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Brebes serta meningaktnya pendapatan para pelaku industri kecil dan menengah.

 

Kata Kunci - IKM Kabupaten Brebes, E-commerce, Black Box


Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/smartcomp.v8i1.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Smart Comp :Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

===========================================================

Smart Comp Indexed By:

Flag Counter

 

View My Stats 

 

 

 

Creative Commons License

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.