ANALISIS KEPATUHAN BIDAN PRAKTIK MANDIRI DALAM MERUJUK PERSALINAN KE PUSKESMAS SEBAGAI JEJARING JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI KABUPATEN GROBOGAN

Festy Mahanani Mulyaningrum, Wahyu Dewi Hapsari

Abstract


AKI merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui besaran masalah kesehatan ibu. Kabupaten Grobogan menduduki peringkat ketiga dengan AKI tertinggi di Jawa Tengah. Kematian ibu dan bayi sering terjadi akibat penanganan yang dilakukan bidan desa kurang berstandar, maka intervensi ditekankan pada kegiatan pertolongan persalinan yang aman oleh tenaga kesehatan terlatih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepatuhan bidan praktik mandiri dalam merujuk persalinan ke Puskesmas sebagai jejaring jaminan kesehatan nasional di Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan survei analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah 169 BPM di Kabupaten Grobogan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data dengan regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan Karakteristik umur responden lebih banyak yang berumur ≥ 36 tahun atau dewasa penuh (55,7%), berpendidikan D3 Kebidanan (92,9%), masa kerja lama ≥ 5 tahun (92,9%). Tingkat pengetahuan responden 64,3% sudah baik, sikap responden 58,6% baik, peraturan Pemerintah 87,1% sudah baik dalam mendukung, dan tingkat motivasi responden 88,6% tinggi. Ada pengaruh secara bersama antara sikap dan motivasi terhadap kepatuhan BPM dalam merujuk persalinan ke Puskesmas sebagai jejaring Jaminan Kesehatan Nasional. Faktor motivasi merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepatuhan BPM dalam merujuk persalinan ke Puskesmas sebagai jejaring JKN di Kabupaten Grobogan.

 

Kata Kunci          : Pengetahuan, Sikap, dan Diet Seimbang


Full Text:

References


Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013. Semarang: Dinkes; 2013.

Fahmi, Zulkifli. Persalinan Diusulkan di Puskesmas Saja. Semarang: Suara Merdeka; 2015.

Alfariz. Dinkes Jateng Tekan Jumlah Angka Kematian Ibu dan Bayi, Semarang: Berita Jateng; 2015.

Fahmi, Zulkifli. Asklindo Siap Dukung Kebijakan Pemerintah. Semarang: Suara Merdeka; 2015.

DKK Grobogan. Data Kematian Maternal Neonatal Bulan Januari – Desember Tahun 2012 – 2014. Grobogan: 2014.

Suraji. Pelayanan Persalinan dan BPJS. Grobogan: DKK Grobogan; 2014.

Sholehah, Fitria Maratus. Kebijakan Hukum dalam Kesehatan Kewajiban Bersalin di Puskesmas untuk Wilayah Kabupaten Grobogan. Program Studi D-IV Kebidanan. Semarang: STIKES Karya Husada; 2015.

Ratama, Sefisa Andri. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keikutsertaan Bidan Praktik Swasta (BPS) dalam Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) di Kota Surabaya (Tesis). Semarang: Program Studi Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro; 2012.

Green, L. Health Promotion Planning an Educational and Enviromental Approach. 2 ed. USA: Mayfield Publishing Company; 2000.

Notoatmodjo, S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Retnaningsi, Ekowati Nuryanto. Kepatuhan Tenaga Kesehatan terhadap Standar Operasional Prosedur Pertolongan Persalinan untuk Menurunkan Angka Kematian Ibu Di Provinsi Sumatera Selatan; 2012.

Mukwanto, KP, Ngoma CM, Maimbalwa. Compliance with Infection Prevention Guidelines By Health Care Workers At Ronald Ross General Hospital Mufulira Distric. Med Journal of Zambia; 2010.

Palutturi, Sukri. Nurhayani. Mandak, Nurhamsa. Determinan Kinerja Bidan di Puskesmas Tahun 2006. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Counter: