HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN NIAT MELAKUKAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN KAGOK SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2016

Umriaty Umriyaty, Rapita Setia Ningrum

Abstract


Di Indonesia hanya 5% yang melakukan penapisan atau deteksi dini kanker leher rahim, sehingga 76,6% pasien ketika terdeksi sudah memasuki stadium lanjut (IIIB keatas), (Irianto, 2015). Rendahnya deteksi dini atau screening kanker serviks merupakan salah satu alasan semakin berkembangannya kanker serviks. Terdapat banyak wanita yang terjangkit kanker serviks karena tidak secara rutin melakukan pemeriksaan deteksi dini.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap dengan niat untuk melakukan deteksi dini kanker serviks pada wanita usia subur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita usia subur yang ada di kelurahan Kagok Slawi Kabupaten Tegal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sampel yang diambil sebanyak 10% dari populasi yaitu 87 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan sistem komputerisasi  (SPSS) dan data disajikan dalam bentuk tabel. Untuk analisa data menggunakan perhitungan chi square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan niat untuk melakukan deteksi dini kankers serviks dengan nilai ρ value  0,012  dan tidak ada hubungan antara sikap dengan niat untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dengan nilai ρ value 0,918.

Kata kunci : Pengetahuan, sikap, niat, kanker serviks dan deteksi dini


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.