HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PRAKTIK SADARI PADA WANITA USIA SUBUR DI KELURAHAN KEMIJEN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG

Sri Mularsih, Frida Cahyaningrum, Endang Sri Rubiyati

Abstract


Deteksi dini memegang peranan penting untuk mengatasi terjadinya kanker payudara dengan cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan praktik pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada wanita usia subur (WUS) di RT IV/ RW 01 kelurahan Kemijen Semarang Timur Kota Semarang.

Jenis penilitian ini adalah penelitian studi korelasi dengan pendekatan penelitian rancangan cross sectional. Populasi dalam penilitian ini sebanyak 42 Wanita Usia Subur (WUS) di RT IV/ RW 01 kelurahan Kemijen Semarang Timur Kota Semarang. Sedangkan sampel yang dipakai dalam penelitian ini seluruh wanita usia subur berjumlah 42 orang dengan teknik pengambilan sampel teknik sampling jenuh.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti didapatkan sebagian besar berumur 20 - 35 tahun sebanyak 23 responden (55.8%). Sebagian besar tingkat pendidikan responden adalah tamat SMP sebanyak 19 responden (45.2%). Sebagian besar responden sebanyak 24 responden (57,1%) dengan pengetahuan cukup. Sebagian responden sebanyak 30 responden (71,4%) yang melakukan praktik SADARI. Ada hubungan pengetahuan dengan praktik SADARI di RT IV/ RW 01 kelurahan Kemijen, Semarang Timur, kota Semarang, didapatkan Chi square sebesar 7.586, p value sebesar 0.023. Saran yang dapat diberikan kepada ibu hendaknya mencari informasi kepada tenaga kesehatan tentang cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), sehingga para ibu mengetahui pentingnya melakukan sendiri pemeriksaan SADARI untuk mengetahui terjadinya kanker payudara.

 Kata Kunci : Pengetahuan, praktik dan SADARI WUS

 


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.