EFEK HIPNOSIS TEHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH IBU HAMIL PREEKLAMPSIA

Siti Khuzaiyah, Anies Anies, Sri Wahyuni

Abstract


Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tinggi. Salah satu penyebab AKI adalah Preeklampsia. Pada ibu preeklampsia terjadi peningkatan tekanan darah dan peningkatan kadar leukosit. Upaya penanganan preeklampsia saat ini masih bersifat medikamentosa, belum mengarah pada kompelemntary terapi seperti hipnosis. Hipnosis adalah suatu kondisi relaksasi dan komunikasi bawah sadar. Hipnosis telah terbukti bermanfaat secara psikologis maupun medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hipnosis terhadap perubahan tekanan darah ibu hamil preeklampsia di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

Metode: jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini yaitu 32 ibu hamil preeklampsia yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan perawatan kehamilan standar. Hipnosis dilakukan sebanyak 3x terapi.

Hasil: ada perbedaan tekanan darah sebelum dan setelah hipnosis dengan p vlaue sistolik 0,025 dan p value diastolik 0,002. Ada perbedaan tekanan darah kelompok kontrol dan kelompok perlakuan setelah dilakukan hipnosis dengan p value sistolik 0,002 dan p value diastolik 0,013. Penurunan tekanan darah setelah hipnosis mencapai 20mmHg (sistole) dan 7,5mmHg (diastole).

Simpulan: hipnosis berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah pada ibu preeklampsia

Kata kuncitekanan darah, hipnosis.

 


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.