PERBANDINGAN METODE CERAMAH TANYA JAWAB DAN FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA

Liana Deta Putri, Tetti Solehati, Mira Trisyani

Abstract


Sekitar 50% infeksi baru Human Immunodeficiency Virus (HIV) dunia berasal dari kalangan remaja sebagai akibat kurangnya pemahaman kalangan remaja tentang pendidikan seks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan sikap siswa-siswi tentang HIV/AIDS melalui metode ceramah tanya jawab dan metode focus group discussion di SMK YPK Sumedang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden 190 orang dengan pembagian 95 orang pada kelompok metode ceramah tanya jawab dan 95 orang pada kelompok metode focus group discussion. Setelah diberikan intervensi, maka peneliti akan mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siswa menggunakan kuesioner yang berisi 37 pertanyaan. Analisa data menggunakan analisa bivariat. Menunjukkan bahwa pada metode focus group discussion  49 siswa (51.57%) memiliki pengetahuan cukup dengan sikap sebanyak 55 siswa (57.90%) menunjukkan sikap mendukun. Pada metode ceramah tanya jawab sebanyak 60 siswa (63.16%) memiliki pengetahuan cukup dengan sikap sebanyak 55 siswa (57.90%) menunjukkan sikap mendukung. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi menjadi sangat penting sebagai salah satu upaya dalam pencegahan penularan HIV/AIDS di kalangan remaja. Metode pembelajaran ini dapat diterapkan di kalangan remaja sesuai dengan kebutuhan mereka.

 


Full Text:

References


Aditya, N R. 2010. Perbedaan Pengaruh Antara Metode Focus Group Discusion (FGD) dengan Metode Simulation Game (SIG) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas XI Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di SMK Hidayah Semarang Tahun 2009. Skripsi FKM UNES.

Azwar, S. 2011. Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depkes.2001. Modul Pelatihan Metode dan Teknologi Diklat (METEK).Pusar Pendidikan dan Latihan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan. 2010. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat Tahun 2010. Jawa Barat. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat

Dinas Kesehatan. 2011. Profil Kesehatan Kota Sumedang Tahun 2010. Sumedang. Dinas Kesehatan Kota Sumedang

Hardiningsih.2011. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Rangka Pencegahan Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Surakarta. Thesis.

Kemenkes RI .2011. Laporan Kasus HIV/AIDS Triwulan III.Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Depkes RI.

Nasrul. 2002. Komunikasi Persuasif Terhadap Perilaku Pencegahan Penyalahgunaan Narkotik, Alkohol, dan Zat Adiktif Lainnya pada Murid SMUN Palu. UGM. Thesis

Nasronudin. 2007. HIV&AIDS Pendekatan biologi Molekuler, Klinis dan Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zainab, Rizkiyah, Nurhayani, S. 2015. Pengetahuan Dan Sikap Wanita Pekerja Seks Tentang HIV/AIDS Berdasarkan Karakteristik Usia Dan Tingkat Pendidikan Di Lokalisasi Pembantuan Landasan Ulin Timur Banjarbaru. Jurnal Kesehatan. 6 (1); 89-95




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/siklus.v8i1.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Counter:

 

 

====================================================================

Indexed By: