PENGUJIAN MODIFIKASI DIAMETER VENTURI TERHADAP PRESTASI MOTOR SUPRA X 125
Abstract
Abstrak
Seiring dengan per kembangan didunia otomotif, kini semakin banyak kalangan masyarakat, yang memiliki hobi dan menyukai dunia otomotif khususnya modifikasi motor (engine) sepeda motor. Pembesaran ukuran diameter venturi mesti pakai aturan sehingga udara pada saat campuran bahan bakar dan udara tidak terlalu banyak yang dapat menyebabkan perbandingan bahan bakar dan udara kurang sempurna Tujuan pengujian yaitu untuk mengetahui daya efektif poros (Ne), torsi (T), dan pemakaian bahan bakar spesifik efektif (Be) dengan menggunakan diameter venture standar (18 mm) dan diameter venture modifikasi (20 mm). Metode yang dilakukan adalah dengan mencari debit pompa air dan konsumsi bahan bakar yang digunakan pada sepeda motor Vega 110 cc untuk tenaga putar pompa air pada putaran 3000 rpm, 4000 rpm dan 5000 rpm. Bahan untuk pengujian ini, diantara nyaengine Suzuki New Smash 110 cc, karburator dengan diameter venturi 18 mm dan 20 mm. Hasil analisis pengujian diperoleh daya efektif poros (Ne) maksimum = 4,56 PS dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 7000 rpm. Torsi maksimum 0,55 kg. dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 3000 rpm, pemakaian bahan bakar spesifik efektif (Be) = 1,03 kg / jam. PS dihasilkan dari engine yang menggunakan diameter venture modifikasi (20 mm) pada 7000 rpm.
Kata kunci : Diameter Venturi, daya efektif poros (Ne), torsi (T), pemakaian bahan bakar spesifi kefektif (Be), rpm
DOI: https://doi.org/10.30591/nozzle.v6i1.823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats