UJI TORSI MOTOR KELLY SEBAGAI TENAGA PENGGERAK MOBIL LISTRIKPOLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

Johan Firmansyah

Abstract


Abstrak

Permasalahan energi merupakan isu yang sangat gencar diperbincangkan di seluruh Negara termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), bertujuan untuk mengarahkan upaya-upaya dalam mewujudkan keamanan pasokan energi, khususnya melalui upaya konservasi energi dan diversifikasi energy, Menurut US National Climatic Data Center tahun 2001, temperatur bumi meningkat sekira 0,6-2,5 derajat celcius dalam lima tahun. Pada abad berikutnya, kenaikan berkisar antara 1,4 - 5,8 derajat Celsius, Sumber tenaga pada mobil listrik terletak pada motoran listrik yang digerakkan oleh aliran arus listrik yang dikontrol oleh Potensiometer dan Kontroler. Besarnya laju kecepatan mobil listrik ditentukan oleh besarnya induksi kemagnetan yang terjadi pada motoran listrik dan pengaturan pada sensor Kontroler. Efektifitas dari induksi harus dikendalikan sehingga dapat mengetahui efisiensi penggunaan mobil listrik. Metode  pada penelitian ini adalah dengan melakukan perancangan dan pengujian untuk mengetahui torsi yang dihasilkan oleh motor BLDC 500 Watt dan 1000 Watt dengan memperhatikan rpm yang dihasilkan pada tiap tahap pengujiannya, dihasilkan oleh motor BLDC 500 Watt dan 1000 W watt dengan memperhatikan rpm yang dihasilkan pada tiap tahap pengujiannya, dengan acuan putaran motor yang dihitung tiap detiknya yaitu pada daya 500 Watt sebesar 432, 00 rpm, 430, 87rpm, 433, 34rpm sedangkan pada daya 1000 Watt sebesar 768,00 rpm, 768,54rpm, 769,63rpm.

 

Kata kunci : Motor Kelly, Mobil Listrik, sensor control, Watt

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.