PERANCANGAN RANGKA MOBIL LISTRIK POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

Firman Lukman Sanjaya

Abstract


Abstrak

Mobil listrik yaitu mobil yang digerakkan dengan motor listrik,menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai.Rangka terdiri atas tiga jenis yang pertama adalah jenis Ladder Frame adalah dua batangan panjang yang menyokong kendaraandan menyediakan dukungan yang kuat dari berat beban dan umumnya berdasarkan desain angkut. Dinamakan demikian karena kemiripannya dengan tangga Turbular Space Frame jenis ini memiliki kekuatan luluh yang sangat bagus di perlindungan kekakuan torsional, ketahanan beban berat, dan beban impak, rangka ini juga mudah untuk di desain dan cukup sulit dalam membangunnya berikutnya Monocoque jenis rangka ini merupakan satu kesatuan stuktur chassis dari bentuk kendaraannya sehingga rangka ini memiliki bentuk yang beragam yang menyesuaikan dengan bodi mobil metode penelitian ini diawali dengan membuat perancangan model rangka dan pemilihan bahan yang diinginkan disesuaikan dengan teoritis yang dapa tmemberikan kekuatan terbaik dalam menopang beban, kemudian melakukan pengujian bahan dengan mengujikan sample dari bahan yang dipilih untuk diberikan pembebanan yaitu dengan Uji tarik dan uji Tekan untuk mengetahui batas maksimal elastisitas dan kekuatan tekan terhadap beban / gaya yang dapat diterima dengan maksimal. Hasil pengujian tekan pada rangka mobil listrik menunjukan padabeban 31 kN rangka mengalami penurunan / pembengkokan sebesar 2 mm dan setelah tekananya lebih dari 31 kN sampai beban maksimal 75 , 95 N mengalami pembengkokan 18 mm atau sampai menyentuh titik akhir tekan mejauji.

 

Kata Kunci : Rangka, Mobil Listrik, chassis, kN

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.