ANALISIS PENGARUH HOLDING TIME TERHADAP SIFAT MEKANIK MATERIAL BAJA ST 41 PADA PROSES CARBURIZING UNTUK PEMBUATAN CHUCK MESIN CNC LATHE

Reza Arfi Faisal, Nur Aidi Ariyanto, Ahmad Faoji

Abstract


Di dunia industri pada komponen chuck mesin CNC sangat rentan mengalami kerusakan disebabkan terjadinya salah pemrograman yang bisa menyebabkan terjadi benturan antara tool dengan chuck mesin. Biaya produksi pembuatan chuck original relatif mahal dan di pasaranpun komponen ini relatif sulit di dapatkan. Hal ini tentu menghambat proses produksi. Chuck mesin CNC di buat dari material khusus yang kuat dan ulet, ketika terjadi benturan maka chuk tidak langsung patah, hanya terjadi perubahan bentuk dan ukuran. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan data pengujian Carburizing material baja ST 41 dengan variasi parameter waktu penahanan (Holding Time) 15 menit, 30 menit, 45 menit dan 60 menit. Setelah pengujian spesimen carburizing dilakukan uji kekerasan. Hasil dari penelitian ini didapat parameter pengujian kekerasan tertinggi pada spesimen dengan variasi waktu penahanan 60 menit dengan nilai kekerasan sebesar 167 HB. Hal ini dapat dijelaskan bahwa pengerasan material terpengaruh oleh parameter waktu penahanan (Holding Time) dengan suhu pemanasan tetap.


Keywords


Chuck mesin CNC, Carburizing, Baja ST 41, Uji Kekerasan

Full Text:

References


Malau, V., 1999. Pengetahuan Bahan Teknik dan Manufaktur. Diktat Bahan Kuliah S2. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Schonmetz, A. dan Gruber, K., 1994. Pengetahuan Bahan dalam Pengerjaan Logam. Alih Bahasa: Dip-Ing. Eddy D. Hardjapamekas. Bandung : Penerbit angkasa.

Callister, W. D., 1997. Material Sciene and Engineering an Introduction fourth Edition. USA: John Willey and Sons, lnc.

Hafni., 2014. Pengujian Tungku Pack Carburising Untuk Pengerasan Permukaan Baja Karbon Rendah Dengan Media Karburisasi Campuran Arang Tempurung Kelapa Dan Baco3. Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Padang, Padang.

Wattimena., 2014. Pengaruh Holding Time Dan Quenching Terhadap Kekerasanbaja Karbon St 37 Pada Proses Pack Carburising Menggunakan Arang Batok Biji Pala (Myristica fagrans). Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Ambon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/nozzle.v10i1.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Free counters! View My Stats