PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH, KOMPLEKSITAS PEMERINTAHAN DAN KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP KINERJA FISKAL KABUPATEN/KOTA DI JAWA TENGAH

Nuwun Priyono, Siti Arifah, Eva Wulandari

Abstract


Kinerja fiskal pemerintah daerah merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi dalam rangka mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan daerah pada era otonomi. Semakin transparan dan akuntabel sebuah laporan keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah daerah mencerminkan bahwa kinerja fiskal akan semakin baik. Kinerja fiskal yang baik akan berpengaruh langsung bagi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Tujuan penelitian ini: 1) menganalisis dan membuktikan faktor karakteristik pemerintah daerah berpengaruh terhadap kinerja fiskal pemerintah Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah, 2) menganalisis dan membuktikan faktor kompleksitas pemerintahan berpengaruh terhadap kinerja fiskal pemerintah Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah, 3) menganalisis dan membuktikan faktor kemandirian keuangan daerah berpengaruh terhadap kinerja fiskal pemerintah Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah. Luaran penelitian ini dapat menghasilkan naskah yang dikirim pada jurnal nasional tidak terakreditasi dan materi yang dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar pada mata kuliah akuntansi sektor publik.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data laporan neraca dan data laporan realisasi APBD berasal dari direktorat jenderal perimbangan keuangan. Data jumlah SKPD dan jumlah penduduk diperoleh dari kantor Badan Pusat Statistik dan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan data  time series yaitu data tahun 2010 sampai dengan 2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas dengan model regresi linear berganda.

Hasil uji t dalam penelitian ini adalah hanya variabel Kekayaan Daerah (X2) dan Jumlah Penduduk (X4) yang secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Fiskal (KF). Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel Ukuran Pemda (X1), Kekayaan Daerah (X2), Tingkat Ketergantungan (X3),  Jumlah Penduduk (X4), Jumlah SKPD (X5), dan Kemandirian Keuangan Daerah (X6) secara bersama – sama berpengaruh terhadap Kinerja Fiskal (KF).

Kata Kunci: Karakteristik Pemerintah Daerah, Kompleksitas Pemerintahan, Kemandirian Keuangan Daerah, Kinerja Fiskal

Full Text:

References


Firmansyah. 2014. Perkembangan Ekonomi Kabupaten/Kota dan Kinerja Keuangan Daerah di Jawa Tengah Pada Era Otonomi. JBE. Maret 2014. Vol 21 No.1. FEB. Undip. Semarang.

Ghozali, Imam, 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Edisi IV, Semarang.

Gujarati, D. 2003. Basic Econometric. Mc-Grawhill. New York.

Halim, Abdul, 2007, Akuntansi Keuangan Daerah, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Halim, Abdul, 2008, Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta.

Hilmi, Amiruddin Zul dan Dwi Martani. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Laporan Keuangan Pemerintah Propinsi. Simposium Nasional Akuntansi ke- XIV . Banjarmasin

Ingram, Robert W. (1984). Economics Incentives and the Choice of StateGovernment Accounting Practices. Journal of Accounting Research. Vol. 22. No. 1. pp 126-144.

Laswad, Fawzi, Fisher, Richard, dan Oyelere, Peter. (2005). Determinants of Voluntary Internet Financial Reporting by Local Government Authorities. Journal of Accounting and Public Policy 24. pp 101-121.

Liestiani, Annisa. (2008). Pengungkapan LKPD Kabupaten/Kota di Indonesia untuk Tahun Anggaran 2006. Skripsi Sarjana. FEUI. Depok.

Lin, Ming-lan., Lee, Yuan-Duen., Ho, Tsai-Neng. (2010). Applying integrated DEA/AHP to evaluate the economic performance of local governments in China. European Journal of Operational Research, 209 (2011) 129–140.

Mahmudi. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Cetakan Pertama. UII Press. Yogyakarta.

Mustikarini, Widya Astuti dan Debby Fitriasari. 2012. Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah dan Temuan Audit BPK Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Indonesia Tahun Anggaran 2007. Simposium Nasional Akuntansi ke XIV. Banjarmasin

Sugiyono, 2003, Statistika Untuk Peneltian. Cetakan kelima, Bandung: Alfabeta.

Sularso, Havid dan Yanuar E. Restianto. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Alokasi Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Media Riset Akuntansi. Agustus 2011. Vol. 1. No. 2. FEB. Unsoed.

Sumarjo, Hendro. (2010). Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Studi Empiris Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Indonesia.. Skripsi Sarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Tanjung, Abdul Hafiz.2008. Akuntansi Pemerintah Daerah- Konsep dan Aplikasi Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan. Penerbit Alfabeta. Bandung

Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Yulianto, Safaat dan Kishera Hilya Hidayatullah. 2014. Analisis Klaster Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat. Statistika, Vol. 2, No. 1, Mei 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v7i2.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

==========================================================

Indexed, by :