MENGUKUR KUALITAS AKUNTAN PUBLIK MENURUT PENGGUNA JASA AKUNTAN PUBLIK

Sugiharto Sugiharto, Shinta Noor Anggraeny

Abstract


Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat. Dari  profesi akuntan publik, masyarakat mengharapkan penilaian yang bebas dan tidak  memihak terhadap informasi yang disajikan oleh manajemen perusahaan dalam  laporan keuangan. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, maka data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Dari hasil pengujian hipotesis   yaitu pengujian secara simultan, terbukti kebenarannya, dimana diperoleh hasil bahwa secara simultan Pengalaman Audit , memahami indudtri klien,responsif atas kebutuhan klien,komitment yang kuat terhadap kualitas audit, standart etika yang tinggi, dan Reputasi Akuntan Publik  berpengaruh signifikan terhadap kualitas akuntan publik. Dalam Penelitian yang akan datang perlu dilakukan upaya perluasan responden tidak hanya pengguna jasa audit  tetapi juga dari akuntan pendidik, akuntan pemerintah, akuntan internal (SPI), akuntan publik sendiri dan dari profesi lain sebagai responden untuk memperoleh respon yang lebih maksimal sehingga risiko adanya bias dapat diminimalkan.

 

Kata kunci : Akuntan Publik,  Kualitas Audit, Reputasi Akuntan Publik

Full Text:



DOI: https://doi.org/10.30591/monex.v7i1.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 

Office:

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama 
Kampus Utama Politeknik Harapan Bersama - Gedung B Lantai 3
Jalan Mataram No.9 Pesurungan Lor, Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia, 52100.

Website: https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/monex/

Email: monex@poltektegal.ac.id


 

View My Stats