PENGARUH DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN TINGKAT KEMISKINAN (Studi Kasus Pada Kota Tegal)

Andri Widianto, Erni Unggul Sedyautami, Asrofi Langgeng Nurmansyah

Abstract


Isu yang familiar dalam pengelolaan administrasi publik pada era sekarang adalah tentang Good Governance, merupakan momentum pemerintah dalam melakukan reformasi birokrasi pemerintah daerah dan pengelolaan keuangan, ditengah tuntutan yang gencar dilakukan oleh masyarakat kepada pemerintah agar terselenggaranya pemerintahan yang bersih yang menjunjung tinggi asas keterbukaaan. Pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah diperkuat dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 32 tahun 2004. Otonomi daerah merupakan pergeseran sistem pemerintahan dari sistem sentralisasi ke sistem desentralisasi. Dengan sistem desentralisasi yang mengedepankan prinsip otonomi daerah ini, maka menuntut semua pihak untuk melakukan perubahan dan pemahaman tentang tugas dan kewenangan pemerintahan daerah.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah menguji dan menganalisis Pengaruh Dana Alokasi Umum Dana Alokasi Khusus Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Tegal, menguji dan menganalisis Pengaruh Dana Alokasi Umum Terhadap Kemiskinan di Kota Tegal. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Kota Tegal dan data yang digunakan adalah data sekunder. Model dan Teknik Analisis Data pengujian hipotesis menggunakan PLS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana alokasi umum berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi serta dana alokasi khusus berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi, belanja modal berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi, dana alokasi khusus berpengaruh positif terhadap kemiskinan, pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap kemiskinan dan belanja modal berpengaruh negatif terhadap kemiskinan.

Kata Kunci: DAU, DAK, Belanja Modal, Pertumbuhan Ekonomi dan  Kemiskinan


Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v5i2.417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats