ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP IPK MAHASISWA PRODI AKUNTANSI POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Hetika Hetika, Sunandar Sunandar, Bahri Kamal

Abstract


Prodi Akuntansi merupakan salah satu Program Studi yang berada di Politeknik Harapan Bersgama
yang berdiri pada tahun 2002. Dalam rangka meningkatkan pendidikan akuntansi dan mengetahui
keberhasilan Program Studi Akuntansi sebagai institusi pendidikan professional yang telah terakreditasi
maka perlu dilakukan penilaian prestasi akademik mahasiswa selama menempuh pendidikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional terhadap IPK
mahasiswa yang dimoderasi oleh kecerdasan spiritual. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitiaan ini adalah explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar
variabel independen dan dependen. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan
kuesioner, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan Moderate Regression
Analysisi (MRA). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan intelektual tidak berpengaruh
terhadap IPK mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, (2) Kecerdasan emosional
berpengaruh terhadap IPK mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama, (2) Kecerdasan
spiritual memoderasi hubungan antara kacerdasan intelektual dengan IPK mahasiswa Prodi Auntansi
Politeknik Harapan Bersama, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan
kecerdasan emosional mahasiswa yang memiliki kecerdasan spiritual yang kuat dengan mahasiswa yang
memiliki kecerdasan spiritual yang lemah.
Kata Kunci:kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, indeks prestasi
komulatif

Full Text:



DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v5i1.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats