KEUNGGULAN INDUSTRI BATIK TEGALAN: MASALAH DAN TANTANGANNYA DALAM MENGHADAPI KEBERLANGSUNGAN YANG KOMPETITIF

Ida Farida, Sunandar Sunandar, Aryanto Aryanto

Abstract


Abstrak

Batik dapat dikatakan salah satu dari sekian banyak ragam kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan dan dijaga kualitasnya. Pengukuhan batik sebagai warisan budaya tak benda oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2009 memberikan kebanggaan sekaligus tantangan bagi pemangku kepentingan di Indonesia.. Tegal merupakan salah satu daerah penghasil batik. Sebagian besar batik yang dihasilkan di Tegal merupakan hasil dari industri kecil dan menengah yang dikelola secara tradisional. Produksi kerajinan batik Tegal masih terbatas dikarenakan faktor sumber daya manusia dan pengelolaan yang masih tradisional. Industri Batik Tegal menghadapi persaingan ketat di Tegal dan sekitarnya, mereka harus terus mengembangkan produk baru dan kemampuan pasar, menumbuhkan dan mempromosikan kompetensi inti mereka sendiri untuk memiliki keunggulan kompetitif jangka panjang untuk mendapatkan pembangunan berkelanjutan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal untuk meningkatkan keunggulan batik Tegalan dan untuk mengetahui cara meningkatkan kompetensi industri batik Tegalan dalam rangka mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan

 

 

 

 


Keywords


Industry excellence, Batik Tegalan, Competitive

Full Text:

References


Amalia, A., Hidayat, W., & Budiatmo, A. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UKM BATIK, 1–12.

Masa, P., Audit, P., & Hasan, A. (2014). Pengaruh masa perikatan audit, spesialisasi industri kap, reputasi kap dan komite audit terhadap kualitas audit, (1998), 147–160.

Nurhayati, S., Besar, G., Ekonomi, I., & Pekalongan, U. (2016). STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) BATIK MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY ( AEC ), 19(SEPTEMBER), 15–23.

Septiari, E. D. (2018). Perencanaan Strategi Pemasaran Batik di Prawirotaman Menggunakan Analisis SWOT, (September), 5–6.

Studi, P., Ekonomi, P., Pendidikan, F., & Pengetahuan, I. (n.d.). FORMULASI STRATEGI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK “ MLIWIS PUTIH ” DI DESA SOBONTORO, BALEN, BOJONEGORO Taufiq Hidayat, 21–30.

Tahwin, M., & Mahmudi, A. A. (n.d.). Strategi Pengembangan Usaha Batik Tulis Lasem with SWOT Analysis ), 1, 57–70.

Tinggi, S., Ekonomi, I., Bpd, B., & Tengah, J. (2011). STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA SKALA KECIL BATIK DI PEKALONGAN Oleh : Djoko Sudantoko, 6(1), 29–45.

Wibowo, D. H. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM ( Studi pada Batik Diajeng Solo ), 29(1), 59–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v9i1.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats