APLIKASI MODEL LOGIT UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Andre Kusuma Adiputra

Abstract


Obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang yang dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Investor dapat memperjualbelikan Obligasi yang dimilikinya sebelum jatuh tempo dan memperdagangkannya di pasar modal atau yang juga dikenal sebagai Bursa Efek Indonesia. Salah satu informasi yang seringkali dipertimbangkan investor dalam mengambil keputusan membeli obligasi perusahaan adalah Peringkat Obligasi.

Secara umum peringkat obligasi dapat dibagi menjadi investment grade dan non investment grade. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat Obligasi pada sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Alat analisis yang digunakan adalah model Logit. Model Logistik digunakan dikarenakan variabel independen dalam penelitian ini adalah variabel binary. Penggunaan dua alat analisis nantinya akan dapat mengetahui kemampuan alat analisis tersebut dalam memprediksi peringkat obligasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa Model Logit yang digunakan memberikan hasil yang memuaskan dalam mengestimasi model yang ada. Lebih lanjut dari hasil peneltian bahwa obligasi dari prusahaan dengan rasio profitabiltas dan ukuran perusahaan yang tinggi memiliki peluang masuk kategori investmen grade yang lebih besar. Sedangkan peluang obligasi perusahaan masuk kategori investment grade tidak dipengaruhi oleh pertumbuhan perusahaan dan likuiditas

 

Kata Kunci : Obligasi, Peringkat Obligasi, Logit Model, Probit Model.


Full Text:

References


Gujarati, 2003, Dasar-Dasar Ekonometrika, Penerbit Salemba, Jakarta

Hartono, Jogiyanto, Prof, Dr, MBA, AK, 2014, Teori Portofoli dan Analisis Investasi, BPFE, Yogyakarta.

Luciana Spica, Amalia dan Vieka, Devi, 2007, Faktor-Faktor yang mempengaruhi prediksi peringkat obligasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Proceeding : Seminar Nasional Manajemen SMART, 3 November, Jakarta

Ninik, Amalia, 2013, Pemeringkatan Obligasi PT. PEFINDO: Berdasarkan Informasi Keuangan, Accounting Analysis Journal, Januari.

Setyaningtyas, Pratiwi, 2014, Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prediksi Peringkat Obligasi Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/monex.v8i1.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Monex : Journal Research Accounting Politeknik Tegal

Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

==========================================================

Indexed, by :