Pengukuran Kinerja Dosen Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Ida Afriliana, Eko Budihartono, Ahmad Maulana

Abstract


 Institusi pendidikan tinggi adalah lembaga utama dalam menciptakan para generasi muda yang dapat siap terjun ke dalam dunia kerja dan industri, dan salah satu program pendidikan yang turut berperan serta adalah pendidikan jalur vokasi. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dan Politeknik Harapan Bersama merupakan salah satu lembaga pendidikan jalur vokasi yang menyediakan  Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menjadi para generasi muda sebagai praktisi di dalam industri , perusahaan ataupun stake holder yang lain. Dosen merupakan elemen yang penting dalam institusi pendidikan, seperti halnya juga bagi Politeknik Harapan Bersama Tegal. Dosen memiliki tiga tugas pokok yang disebut Tridarma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan kinerja dosen meliputi ketiga hal tersebut. Pada penelitian ini dilakukan kinerja dosen dengan menggunakan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS), dan membandingkannya dengan hasil manual. Eksperimen dilakukan 4 skenario dengan dibedakan fungsi keanggotaannya dan struktur ANFIS. Dari penelitian didapat error terkecil didapat pada eksperimen ke-4 dengan hasil error 0,305 dengan struktur ANFIS 6-24-4-4-1 yakni layer input sebanyak 6, hidden layer 1 sebayak 24, hidden layer kedua sejumlah 4, dan hidden layer keempat sejumlah 4 dan layer output 1.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks oleh :

 

 

http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/logoGaruda-kecil1.png

 

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

DRJI Indexed Journal

 

 

 

 

 

 

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

 

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.