Perancangan Otomatisasi Bel Sekolah Dengan Autopower Menggunakan Interface Berbasis Desktop

Muchamad Sobri Sungkar

Abstract


Teknologi bel sekolah sudah tidak asing lagi dalam dunia pendidikan kita khususnya di lingkungan sekolah. Bel sekolah merupakan sarana untuk memberitahukan para siswa dan guru kapan pelajaran mau mulai dan berakhir. Umumnya bel sekolah masih memakai tenaga manusia untuk membunyikannya. Masih jarang sekolah yang menggunakan bel sekolah secara otomatis yang bisa bekerja sendiri membunyikan bel sesuai dengan jadwal pelajaran yang ada. Proses  kerja dari program ini adalah dengan melakukan setting jam waktu sekarang dan setting jam waktu tanggal, kemudian memasukkan daftar bel sesuai jadwal yang ada. Setelah itu program bel otomatis sekolah akan membaca data daftar bel hari ini yang sudah tersimpan tersebut berulang – ulang dan program akan mengirimkan perintah bunyi dan disebarkan ke autopower untuk disebarkan ke seluruh ruang sesuai dengan kebutuhan, kemudian autopower akan memberikan peritah ke relay lewat kendali dari IC TDA62003AP untuk menghidupkan saklar secara otomatis sehingga bel berbunyi, dan autopower akan hidup / menyala jika ada perintah bunyi / sensor suara dari program bel otomatis sekolah kumudian jika tidak ada sensor suara autopower akan mati (off) selain itu alat ini juga dilengkapi  dengan volume untuk mengatur besar kecilnya suara yang akan dikeluarkan / disebarkan ke seluruh ruangan, selain itu juga dilengkapi dengan jek microfon untuk pemberikan informasi secara lansung dan untuk program bel otomatis sekolah itu sendri juga jika kegiatan belajar mengajar (KBM) berakhir akan shutdown secara otomatis. Dari hasil penelitian didapat Relay dapat tersambung secara otomatis melalui IC TDA62003AP, dimana kendali sepenuhnya berada pada perintah program bel otomatis sekolah dan autopower.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks oleh :

 

 

http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/logoGaruda-kecil1.png

 

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

DRJI Indexed Journal

 

 

 

 

 

 

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

 

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.