Pengembangan Mobile Collaborative Learning System Menggunakan Kerangka Kerja Zachman dan DICE

M Husni Syahbani, Yusep Rosmansyah

Abstract


Mobile Learning adalah proses pembelajaran yang menggunakan teknologi perangkat mobile dan jaringan nirkabel, Ada banyak media yang bisa digunakan untuk membuat proses belajar lebih mudah dan menyenangkan, salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat mobile seperti telepon seluler, tablet dan komputer desktop, dengan Teknologi ini setiap materi pembelajaran dapat hadir dalam banyak format seperti yang video, suara dll. Kombinasi antara teknologi perangkat mobile dan jaringan nirkabel dapat memecahkan masalah dalam proses belajar, banyak pelajar merasa sulit untuk mengelola materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan bagaimana belajar dengan efektif dan efisien. Jadi penelitian ini mencoba untuk mengembangkan sistem yang berupa kombinasi antara teknologi perangkat mobile dan jaringan nirkabel yang disebut Mobile Collaboration Learning System (MCLs). Dalam pengembangan MCLs menggunakan kerangka pendekatan Zachman untuk mengidentifikasi kegiatan dan proses dalam pembelajaran yang dapat membantu studi pelajar dengan mudah dan interaktif dan berkolaborasi. Dengan kerangka pendekatan Zachman membuat MCLs menyelaraskan dengan kebutuhan peserta didik dan dosen di sekolah. Pendekatan ini menghasilkan sistem persyaratan yang dianalisis menggunakan kerangka DICE untuk mengetahui bagaimana risiko pengembangan sistem ini untuk direalisasikan.


Full Text:

References


T. Laohajaratsang, "THE EFFECTS OF TABLET-BASED LEARNING ON PRE-SERVICE TEACHERS’ LEARNING EXPERIENCES AT CHIANGMAI UNIVERSITY," in IEEE 63rd Annual Conference International Council for Educational Media (ICEM), 2013.

D. J. Dr.P.Nagarajan, "Online Educational System (e- learning)," International Journal of u- and e-Service, Sciense and Technology Service, vol. 3, pp. 37-48, 2010.

Y. Jin, "Research of One Mobile Learning System," International Conference on Wireless Networks and Information Systems, pp. 162-165, 2009.

P. P. Qusay H. Mahmoud, "A Mobile Application Development Approach to Teaching Introductory Programming," in 40 th ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference, Washington, DC, 2010.

S. S. S. T. C. L. Ali Fatolahi, "Enterprise Architecture Using the Zachman Framework: A Model Driven Approach," Managing Worldwide Operations & Communications with Information Technology, pp. 65-70, 2007.

R. B. J. D. Terry Bahill, "The Zachman Framework Populated with Baseball Models," Journal of Enterprise Architecture, pp. 1-19, 2006.

A. W. C. N. Pia Stoll, "Software Engineering featuring the Zachman Taxonomy," pp. 1-12, 28 August 2009.

J. M. Ali Mostakhdemin-Hosseini, "FRAMEWORK FOR MOBILE LEARNING SYSTEM BASED ON EDUCATION COMPONENT," in International Conference on Theory and Applications of Mathematics and Informatics, Alba Iulia, 2003.

Z. J. Guangran Liu, "The Design of Mobile Learning System for Teachers’ Further Education," Second International Workshop on Education Technology and Computer Science, pp. 730-732, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks oleh :

 

 

http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/logoGaruda-kecil1.png

 

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

DRJI Indexed Journal

 

 

 

 

 

 

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

 

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.