Eksperimen Seleksi Fitur Pada Parameter Proyek Untuk Software Effort Estimation dengan K-Nearest Neighbor

Fachruddin Fachruddin, Yovi Pratama

Abstract


Software Effort Estimation adalah proses estimasi biaya perangkat lunak sebagai suatu proses penting dalam melakukan proyek perangkat lunak. Berbagai penelitian terdahulu telah melakukan estimasi usaha perangkat lunak dengan berbagai metode, baik metode machine learning  maupun non machine learning. Penelitian ini mengadakan set eksperimen seleksi atribut pada parameter proyek menggunakan teknik k-nearest neighbours sebagai estimasinya dengan melakukan seleksi atribut menggunakan information gain dan mutual information serta bagaimana menemukan  parameter proyek yang paling representif pada software effort estimation. Dataset software estimation effort yang digunakan pada eksperimen adalah  yakni albrecht, china, kemerer dan mizayaki94 yang dapat diperoleh dari repositori data khusus Software Effort Estimation melalui url http://openscience.us/repo/effort/. Selanjutnya peneliti melakukan pembangunan aplikasi seleksi atribut untuk menyeleksi parameter proyek. Sistem ini menghasilkan dataset arff yang telah diseleksi. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa java menggunakan IDE Netbean. Kemudian dataset yang telah di-generate merupakan parameter hasil seleksi yang akan dibandingkan pada saat melakukan Software Effort Estimation menggunakan tool WEKA . Seleksi Fitur berhasil menurunkan nilai error estimasi (yang diwakilkan oleh nilai RAE dan RMSE). Artinya bahwa semakin rendah nilai error (RAE dan RMSE) maka semakin akurat nilai estimasi yang dihasilkan. Estimasi semakin baik setelah di lakukan seleksi fitur baik menggunakan information gain maupun mutual information. Dari nilai error yang dihasilkan maka dapat disimpulkan bahwa dataset yang dihasilkan seleksi fitur dengan metode information gain lebih baik dibanding mutual information namun, perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan.

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks oleh :

 

 

http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/logoGaruda-kecil1.png

 

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

DRJI Indexed Journal

 

 

 

 

 

 

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

 

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.