Optimasi Jaringan Local Area Network Menggunakan VLAN dan VOIP

Ari Purno Wahyu

Abstract


Jaringan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari bidang topologi jaringan, jumlah komputer yang sangat banyak mengambil sebuah terpadu pada koneksi dan integritas bahwa mereka langsung dapat communicate dengan satu sama lain, didukung oleh tingkat keamanan yang handal terpercaya data, keamanan adalah tambahan diperlukan untuk keandalan QoS (kualitas layanan), yang mengatur kualitas jaringan selain koneksi Juga kelancaran data adalah, salah satu teknologi yang digunakan saat ini adalah VOIP (Voice Over Internet Protocol), teknologi saat ini dapat diimplementasikan pada rumah-rumah dan bangunan bertingkat tinggi dan fasilitas kantor, teknologi ini juga sangat berguna untuk mengganti panggilan ke luar negeri yang lihat terlalu mahal, menggunakan biaya VOIP dapat ditekan mungkin, sementara unutk keamanan data bisa menggunakan teknologi VLAN jaringan area lokal virtual, di mana teknologi yang jumlah perangkat yang digunakan dapat diminimalisir namun dengan kinerja yang lebih optimal


Full Text:

References


Lazuardi, N., 2009. Perencanaan Jaringan Komunikasi VOIP (Voice Over Internet Protokol) Menggunakan Asterisk SIP (Session Initiation Protocol).

Mike, Y., Prima, K. and Nauval, M., 2010. Analisa dan Implementasi VoIP SIP pada Mobile Phone di Jaringan Bluetooth. Emitter, 1(1).

Kim, J., Yoon, S., Jeong, H. and Won, Y., 2008, December. Implementation and evaluation of SIP-based secure VoIP communication system. In Embedded and Ubiquitous Computing, 2008. EUC'08. IEEE/IFIP International Conference on (Vol. 2, pp. 356-360). IEEE.

Kumar, A., 2006. An overview of voice over internet protocol (voip). Rivier college online academic journal, 2(1), pp.1-13.

Nugroho, Aries.S., Modul Pelatihan SIM Keuangan.: Pusat Teknologi Informasi dan Pendidikan , 2009.

Pan, Y; Chung, J.; Zhang, Z., 2012. Analysis of Performance of VoIP Over various scenarios OPNET 14.0., Group 11 Final Report on ENSC 427 Communication.

Susanto, T.A.B., Syarif, A. and Wahab, A., 2012. Implementasi Dan Analisis Kualitas Layanan Voip Pada Jaringan Ad Hoc Peer-To-Peer. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

BreezeACCESS, Implementing VoIP service Over Wireless Network.: White Paper, 2006.

Oladipo, F.O., Madu, C.C. and Okoro, C.C., 2015. Re-Engineering Campus-Wide Internet Telephony Using Voice over Internet Protocol. International Journal of Networks and Communications, 5(2), pp.23-30.

Khasnabish, B., 2003. Implementing voice over IP. John Wiley & Sons.

Ruck, M., 2010. Top Ten Security Issues Voice over IP (VoIP). White Paper, www. designdata. com, Technology Consultants and Network Engineers.




DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v2i1.444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

JPIT INDEXED BY