Rancang Bangun Sistem Informasi Kemahasiswaan (Studi Kasus: Program Studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama Tegal)

Taufiq Abidin, Slamet Wiyono

Abstract


Mahasiswa adalah bagian atau aset penting pada suatu perguruan tinggi. Sistem informasi mahasiswa adalah proses bagaimana sebuah program studi dapat memberikan informasi, sehingga mahasiswa dapat secara cepat dan mudah menerima informasi dari sistem informasi mahasiswa, contohnya profil dari himpunan mahasiswa, pestasi mahasiswa dan lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini telah membangun aplikasi sistem informasi mahasiswa dengan menggunakan metode waterfall. Kumpulan Data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Aplikasi Sistem informasi mahasiswa ini menggambarkan interaksi antara pengguna dan sistem dari aplikasi, yang setiap pengguna bebas mengakses informasi yang berbeda sesuai yang dicari. Software yang digunakan untuk membangun sistem aplikasi ini adalah digram alur data, PHP, dan MySQL sebagai databasenya. Aplikasi Sistem Informasi Mahasiswa diharapkan dapat membantu memudahkan input data mahasiswa sehingga bagian kemahasiswaan akan lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Aplikasi Sistem Informasi Mahasiswa dapat menampilkan profil dari himpunan mahasiswa, prestasi mahasiswa dan kegiatan kemahasiswaan di program studi.  


Full Text:

References


Adi Nugroho, 2010, Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP, Andi, Yogyakarta

H.M Jogiyanto, 1995, Analisis dan desain, Andi offset, Yogyakarta

Ramadhan, C.F. and Sasmito, G.W., 2016. Implemestasi E-KRS Pada Program Studi D4 Teknik Informatika. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 1(2).

Indriasari, Sofiyanti.2012. Sistem Informasi Berbasis Web untuk Membantu Kegiatan Tracer Study Program Diploma Institut Pertanian Bogor. Jurnal Sains Terapan Edisi II Vol-2 (1) : 84 – 102 (2012)

Setiawan, A. and Ekoliesanto, Y.B., 2013. Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Di Sekolah Tinggi Thelogia Semarang. (Doctoral dissertation, Petra Christian University).

Mesran. 2012. Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Online. Pelita Informatika Budi Darma, Volume I, Agustus 2012. ISSN: 2301-9425-01

Lukum, A., 2013. Implementasi Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Entropi, 8(01).

Kurniadi, D., 2014. Perancangan Arsitektur Sistem E-academic dengan Konsep Kampus Digital Menggunakan Unified Software Development Process (USDP). Jurnal Wawasan Ilmiah, 5(10).

Sommerville, Ian., 2001, Software Engineering, 6th Edition, Addison-Wesley, ISBN 0-201-39815-X, www.software-engin.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks oleh :

 

 

http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/logoGaruda-kecil1.png

 

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

DRJI Indexed Journal

 

 

 

 

 

 

 

 

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

 

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.