Penerapan Media Promosi Produk E-Marketplace Menggunakan Pendekatan AIDA Model dan 3D Objek

Agung Deni Wahyudi, Ade Surahman, Nuari Anisa Sivi

Abstract


Promosi produk e-marketplace yang baik akan menghasilkan perhitungan Payback Period dan Rerun of Investment (ROI) yang layak untuk pelaku usaha, sehingga memudahkan dalam memperluas usaha mereka, dimana promosi adalah bujukan langsung yang dapat memberikan insentif produk atau nilai tambah kepada konsumen. Promosi mencakup berbagai alat promosi yang dirancang untuk mempromosikan respon pasar yang lebih cepat atau lebih kuat. Setiap penyampaian melalui promosi pasti ada inovasi baru. Hal ini untuk menarik perhatian dan menggugah rasa penasaran konsumen terhadap produk yang disediakan oleh para penggiat wirausaha e-marketplace, sehingga mereka selalu menunggu hal-hal baru pada produk yang mereka inginkan maupun yang pernah digunakan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah model AIDA, peneliti model AIDA menemukan bahwa pengaruh interest pada model AIDA sangat berpengaruh terhadap iklan atau promosi online untuk kebutuhan di e-marketplace. Cara mengimplementasikan pendekatan tersebut yaitu dengan model 3D Objek yang disertai visual effect akan menghasilkan visual looks yang dapat di percaya bagi orang yang melihatnya, ini berarti bahwa sangat dimungkinkan bahwa 3D Objek dengan visual effect dapat menambahkan nilai minat atau ketertarikan ( interest ) dari model AIDA, selanjutnya denga menggunakan library 3DWareHouse dengan fasilitas View 3D Objek, Orbit 3D Objek, Pan 3D Objek, Zoom 3D Objek, dan Zoom Extents 3D Objek untuk produk keranjinan Dayak Ornament dapat berjalan dengan baik, sehingga library 3DWareHouse dapat digunakan secara meluas untuk produk – produk lain dari penggiat wirausaha e-marketplace.

Keywords


Media Promosi, E-Marketplace, AIDA, 3DWarehHause, 3D Objek.

Full Text:

References


P. Natalia and M. Mulyana, “Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian,” JIMKES, vol. 2, no. 2, pp. 119–128, 2014, doi: 10.33373/dms.v8i1.1827.

T. K. Ahsyar, S. Syaifullah, and A. Ardiansyah, “E-Marketplace Media Pengembangan Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dinas Koperasi Umkm Kota Pekanbaru,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, p. 43, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.8768.

D. S. Johar, S. Kumadji, and M. K. Mawardi, “EFEKTIFITAS IKLAN ONLINE ( Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project ),” J. Adm. Bisnis, vol. 26, no. 1, pp. 1–10, 2015.

A. Santoso, T. Listyorini, and A. Susanto, “Aplikasi Android Sebagai Media Alternatif Promosi Produk Dan Training Di Pt Djarum Berbasis Augmented Reality,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, p. 321, 2015, doi: 10.24176/simet.v6i2.468.

P. R. Simamora and S. A. Zega, “Perancangan 3D Modeling Dan Vfx Water Simulation Dalam Animasi 3D Berjudul ‘Blue & Flash,’” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 3, no. 2, pp. 2548–6853, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN.

A. Surahman, A. F. Octaviansyah, and D. Darwis, “Ekstraksi Data Produk E-Marketplace Sebagai Strategi Pengolahan Segmentasi Pasar Menggunakan Web Crawler,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 73, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i1.580.

I. A. C. Saisaria, P. Ari, and K. Wardana, “Pengaruh Biaya Promosi Penjualan dan Biaya Periklanan terhadap Nilai Penjualan Produk pada Optik Kalista di Tabanan,” vol. 1, pp. 27–32, 2019.

H. H. Kurniawan, A. M. Salahuddin, Muslim, and N. Sri, “KONSEP KEBIJAKAN STRATEGIS DALAM MENANGANI EKSTERNALITAS EKONOMI DARI COVID - 19 PADA MASYARAKAT RENTAN DI INDONESIA,” Indones. J. Soc. Sci. Humanit., vol. Vol. 1 No., no. 2, pp. 130–139, 2020, [Online]. Available: file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf.

J. Safitri, P. Meilina, and S. Nurbaya Ambo, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Pertumbuhan Tanaman Dikotil Dan Monokotil Untuk Sekolah Dasar,” Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 32–38, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/3230.

H. Budiyanto, P. Tutuko, E. Winansih, A. B. Setiawan, and M. Iqbal, “Virtual expo menggunakan penggung tiup untuk umkm di kota malang sebagai solusi pameran online dimasa pandemi covid-19,” Abdimas Univ. Merdeka Malang, vol. 5, no. November, pp. 202–208, 2020.

A. Amri, “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia,” J. Brand, vol. 2, no. 1, pp. 147–153, 2020, [Online]. Available: https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia.

“3D Warehouse.” https://3dwarehouse.sketchup.com/ (accessed Dec. 08, 2020).

“Dayak ornament | 3D Warehouse.” https://3dwarehouse.sketchup.com/model/u8caa3aca-145e-4a5f-b7fa-bbac5ce31384/Dayak-ornament (accessed Dec. 08, 2020).

B. A. S. H, I. G. Oka, S. Pribadi, D. S. Mahasiswa, J. Arsitektur, and U. Trisakti, “Penerapan Ornamen Arsitektur Dayak Pada Bangunan Museum Kalimantan Barat Di Pontianak Implementation of Dayak Architecture Ornaments in Museum Buildings , West Kalimantan in Pontianak,” no. April, pp. 96–100, 2019.

Suwarto and Rusda, “Desain Produk Kerajinan dan Ornamen Bangunan Bergaya Etnik Dayak dari Hasil Pengolahan Injeksi Limbah Plastik,” Panggung, vol. 26, no. 1, pp. 80–91, 2016, doi: 10.26742/panggung.v26i1.164.

R. Wirawan, “Aplikasi Virtual Iklan Perumahan Dengan Sistemaugmented Reality,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 1, pp. 11–16, 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i1.203.11-16.

E. Rusnandi, H. Sujadi, and E. Fauzyah, “Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar,” Infotech J., vol. 1, no. 2, p. 236698, 2015.

N. Wahyudi, R. A. Harianto, and E. Setyati, “Augmented Reality Marker Based Tracking Visualisasi Drawing 2D ke dalam Bentuk 3D dengan Metode FAST Corner Detection,” J. Intell. Syst. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.30591/jpit.v6i1.2304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Terindeks oleh :

 

 http://ejournal.poltektegal.ac.id/public/site/images/informatika/Google_Scholar_logo.png

 

 

 

 

 

 

 

   ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tim Redaksi JURNAL INFORMATIKA : JURNAL PENGEMBANGAN IT

Program Studi D4 Teknik Informatika
Politeknik Harapan Bersama Tegal
Jl. Mataram No.09 Pesurungan Lor Kota Tegal

Telp. +62283 - 352000

Email :
informatika.ejournal@poltektegal.ac.id

   

Copyright: JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) p-ISSN: 2477-5126 (print), e-ISSN 2548-9356 (online) 

Flag Counter
 
 
 
 
site
stats
 
View Visitor Statistic
 
 
 
 
 

 

Creative Commons License
JPIT (Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.