Pemanfaatan Web Sebagai Pendukung Unit Promosi Di Perguruan Tinggi Swasta

Agus Cahyo Nugroho

Abstract


Mahasiswa adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu jumlah mahasiswa baru merupakan hal yang vital bagi sebuah Perguruan Tinggi untuk dapat terus beroperasi. Hal ini terutama sangat berpengaruh bagi Perguruan Tinggi Swasta. Banyak cara telah ditempuh oleh Perguruan Tinggi Swasta dalam mempromosikan diri. Promosi yang biasa dilakukan adalah melalui baliho, spanduk, radio dan mengikuti berbagai macam event yang diselenggarakan oleh berbagai SMA. Pendekatan terhadap siswa SMA sejak dini sangat penting untuk semakin mendekatkan brand sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Promosi melalui berbagai macam media di atas tentunya sudah lazim dilakukan oleh sebagian besar Perguruan Tinggi Swasta. Untuk memenangkan persaingan ada beberapa Perguruan Tinggi Swasta mulai melirik promosi menggunakan digital marketing. Selain itu ada juga yang mengubah proses bisnisnya terutama terkait dengan menyederhanakan proses Pendaftaran Mahasiswa Baru dengan menggunakan web. Sehingga calon mahasiswa baru tidak harus datang langsung dari luar kota hanya untuk mendaftar ke sebuah Perguruan Tinggi Swasta.


Keywords


digital marketing; promosi; pmb; web; php; mysql

Full Text:

References


Todor, R. D. (2016). Blending traditional and digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series V, 9(1), 51.

Pinar, M., Trapp, P., Girard, T., & Boyt, T. E. (2011). Utilizing the brand ecosystem framework in designing branding strategies for higher education. International Journal of Educational Management.

Bunzel, D. L. (2007). Universities sell their brands. Journal of Product & Brand Management.

Pharr, J. M. (2017). Using Digital Content Marketing to Build the College Brand: Leveraging a Content-Rich Website into a Distinctive University Brand.

Wenur, S., Sengkey, R., & Lantang, O. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Poliklinik Unsrat Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, 4(2).

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29-36.

Efendy, Z., Putra, I. E., & Saputra, R. (2018). Asset Rental Information System And Web-Based Facilities At Andalas University. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 135-146.

Mandiri, J. S. S. N. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 2(1).

GW. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT. 2017.




DOI: https://doi.org/10.30591/jpit.v5i2.1903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JPIT INDEXED BY