PENINGKATAN KREATIFITAS IBU-IBU PKK PESURUNGAN LOR MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS RUMAH TANGGA MENJADI PRODUK DECOUPAGE BERNILAI ESTETIKONOMIS

Mella Katrina Sari, Dani Fitria Brilianti, Imam Bukhori

Abstract


Abstrak

Era globalisasi saat ini terutama di Indonesia sebagian besar memiliki masyarakat yang konsumtif, sehingga banyaknya sampah yang dihasilkan. Sampah-sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga terdiri dari dua jenis yaitu organik dan anorganik, sampah organik ialah sampah yang dapat dilebur dengan proses alami, sementara sampah anorganik tidak mampu dilebur secara alami. Sampah anorganik ini salah satunya berupa barang-barang bekas .

Kelurahan Pesurungan Lor merupakan salah satu daerah yang memiliki lingkungan padat penduduk, banyak barang bekas seperti kaleng dan botol minuman yang hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan. Bahkan untuk kaleng bekas hanya digunakan sebagai pot tanaman.

Pelatihan keterampilan pembuatan barang decoupage menggunakan barang bekas diharapkan mampu menambah pendapatan rumah tangga, selain itu peningkatan kratifitas ibu-ibu pkk pesuruangan lor diharapakan juga mampu menciptakan produk-produk unggulan berkualitas, walaupun hanya menggunakan barang bekasnamun bernilai estetikonomis.

 

Kata kunciDecoupage, Barang Bekas, estetikonomis.


Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.