PENGENALAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PENINGKATAN SOFTSKILL PADA SISWA SMA N 5 TEGAL

Ida Afriliana, Eko Budihartono, Yerry Febrian Sabanise

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi yang begitu pesat di berbagai bidang, sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Teknologi yang bebas nilai sehingga bisa diimplementasikan di berbagai nilai kehidupan. Ponsel sudah bukan barang yang mewah untuk dimiliki, tetapi sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Untuk itu semua lapisan masyarakat harus dapat mengikuti alur  perkembangan teknologi ini.

SMA N 5 Tegal adalah Sekolah Menengah Atas yang berlokasi di Jl. Kali Kemiri II Margadana Tegal, merupakan salah satu SMA Negeri yang baik  di Kota Tegal karena lulusannya dibekali hardskill dan softskill. Dengan ketrampilan tersebut diharapkan lulusan SMA N 5 Tegal dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang tertuang  pada misi SMA N 5 yakni “TERWUJUDNYA GENERASI PENERUS BANGSA YANG BERMUTU DAN BERAKHLAK MULIA SERTA MAMPU MENJADI PELOPOR BAGI KEMAJUAN  MASYARAKAT  DAN  NEGARA”.

Untuk membekali siswa/i dalam pengetahuan teknologi maka pengabdian masyarakat perlu dilakukan dengan tujuan memperkenalkan Internet of Things (IoT) untum meningkatkan softskill siswa SMA N 5 Tegal. Melihat fenomena saat ini hampir semua benda dapat kita gunakan seperti yang kita inginkan hanya dengan menekan tombol pada ponsel. Benda-benda yang “cerdas” karena pada benda tersebut telah dilengkapi dengan alat-alat teknologi sesuai dengan kebutuhan manusia. Inilah konsep pada Internet of Things yakni benda-benda  yang cerdas dengan dilengkapi tekologi.

 

Kata kunci—Teknologi, Internet of  Things, Teknologi SMA N 5 Tegal

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.