Peningkatan Keterampilan Pembuatan Buku Ajar Matematika SD Pada Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Peradaban

Adi Candra Kusuma, Arif Rakhman

Abstract


Abstrak

Buku ajar merupakan salah satu sarana keberhasilan proses belajar mengajar. Buku ajar merupakan suatu kesatuan unit pembelajaran yang berisi informasi, pembahasan serta evaluasi. Buku ajar yang tersusun secara sistematis akan mempermudah peserta didik dalam materi sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Universitas Peradaban melalui Program Studi PGSD mempunyai harapan dapat mencetak lulusan calon guru yang kompeten dibidangnya. Salah satu yang harus bisa dikuasai oleh mahasiswa ini sebagai calon guru adalah mampu membuat instrumen pendukung pembelajaran diantaranya adalah buku ajar. Hasil dari kegiatan pelatihan pembuatan buku ajar memberikan pengetahuan ilmu, meningkatkan ketrampilan dan melatih pemikiran kreatif mahasiswa dalam menyusun instrumen pembelajaran. Hal ini memberikan dampak yang baik seperti materi, pembelajaran  yang ingin disampaikan sesuai dengan alur yang diinginkan, mengetahui bagian penting yang perlu ditekankan pada materi tertentu, dan dapat mengkondisikan kelas sesuai dengan pembelajaran guru.

 

Kata Kunci : Buku ajar, Mahasiswa, Universitas Peradaban

Full Text:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.