Upaya Peningkatan Kompetensi Dalam Membuat E-Learning Bagi Guru SMK Dinamika Kota Tegal

Muhammad Fikri Hidayat, Ginanjar Wiro Sasmito, Theopilus Bayu Sasongko

Abstract


Internet learning merupakan sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan oleh setiap lembaga pendidikan. Dalam rangka pengembangan proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Dinamika Kota Tegal, maka konsep internet learning berusaha untuk diterapkan. Metode kegiatan yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode ceramah dan praktek dengan menggunakan media sosial Edmodo. Semua peserta pelatihan setelah mendapatkan materi yang disampaikan kemudian langsung mempraktekannya ke dalam sebuah studi kasus. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa penerapan internet learning berbasis Edmodo yang diajarkan kepada para guru SMK Dinamika Kota Tegal mampu memberikan alternatif baru mengenai media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu SMK Dinamika Kota Tegal selaku institusi pendidikan formal akhirnya mempunyai suatu metode pembelajaran baru yang dapat dijadikan alternatif pembelajaran.

Kata kunci Internet Learning, Edmodo, Guru, SMK Dinamika


Full Text:

References


Nugroho, B., 2008. Aplikasi e-learning dengan PHP & Editor Dreamweaver. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta.

Hartanto, A. A., & Purbo, O. W. (2002). Buku pintar internet teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Tafiardi, Drs. (2005). Meningkatkan mutu pendidikan melalui e-learning. Jurnal Pendidikan Penabur - No.04/ Th.IV.

Somantri, O., Abidin, T., Wibowo, D.S. and Wiyono, S., 2017. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sma Negeri 1 Subah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(3), pp.332-337.

Rifiana Arief, E., 2012. Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Internet dan E-Learning Sekolah. In Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro.

Amrullah, A., Zulkardi, Z. and Hartono, H., 2012. Pengembangan E-Learning pada Mata Kuliah Komputer di Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjanta Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), pp.11-24.

Wijaya, M., 2012. Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), pp.20-27.

Nuryanti, B.L., 2009. Model Pembelajaran E-Learning Melalui Homepage Sebagai Media Pembelajaran Sehingga Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Dan Kreativitas Siswa. Jurnal ABMAS (Media Komunikasi dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat), 9, pp.1-7.

Hartanto, A.A. and Purbo, O.W., 2002. Teknologi e-learning berbasis php dan mysql. Elex media komputindo, Jakarta.

Wahono, R.S., 2005. Pengantar e-Learning dan pengembangannya. Portal www. ilmukomputer. com Indonesia) diakses tanggal, 22.

Yazdi, M., 2012, May. E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.