Peningkatan Keterampilan Guru SMK Islamiyah Adiwerna Tegal Dalam Pembuatan E-Learning Berbasis Edmodo

Ginanjar Wiro Sasmito, Oman Somantri, Dega Suro Wibowo, Taufiq Abidin

Abstract


Berdasarkan analisis situasi dan analisis data pada SMK Islamiyah Adiwerna serta hasil survey awal terhadap infrastruktur ICT dan sistem pembelajaran yang berlangsung di SMK Islamiyah Adiwerna maka dapat disimpulkan bahwa Guru pada SMK Islamiyah Adiwena layak untuk mendapatkan Pelatihan Internet Learning. Solkusi yang dimabil bersadarkan kesepakan antara Tim Pelaksana PKM dan mitra adlah dengan membuat sebuah pelatihan. Pelatihan peningkatan keterampilan Guru dalam membuat E-learning diberikan dengan harapan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi. Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah konsep learning by doeing, artinya setiap materi yang disampiakan akan langsung diparktekan oleh seluruh peserta pelatihan. Dari hasil kegiatan pelatihan yang diberikan, Guru SMK Islamiyah Adiwerna mempunyai luaran yaitu account e-learning Edmodo yang nantinya akan diimplementasikan pada saat proses pembelajaran di kelas.

 

Kata kunci—e-learning, Edmodo, peningkatan keterampilan Guru, pelatihan


Full Text:

References


Sutanta, E., 2009. Konsep dan Implementasi E-learning. Yogyakarta: IST AKPRIND., pp.10-12.

Garrison, D.R., 2011. E-learning in the 21st century: A framework for research and practice. Taylor & Francis.

Bates, T., 2010, July. Understanding Web 2.0 and its implications for e-learning. In Web (Vol. 2, pp. 21-42).

Nebolsky, C., Yee, N.K., Petrushin, V.A. and Gershman, A.V., 2003, July. Using virtual worlds for corporate training. In Advanced Learning Technologies, 2003. Proceedings. The 3rd IEEE International Conference on (pp. 412-413). IEEE.

Koswara, E., 2005. Konsep Pendidikan Tinggi Berbasis E-learning: Peluang dan Tantangan. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia ITB, pp.3-4.

Yazdi, M., 2012, May. E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).

Mawar, R., 2012. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kalasan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).

Chandrawati, S.R., 2012. Pemanfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Ayu, D.S., Ranu, M.E. and Unesa, K.K.S., 2014. Penerapan E-Learning Melalui Edmodo untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X Apk 1 Smkn 1 Magetan. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2(2).

Hanum, N.S., 2013. Kefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Nu'man, A.Z., 2014. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus: Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Duta. Com, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web
Analytics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.